Beranda Metropolis BKSP Jabodetabekjur Godok Lima Persoalan

BKSP Jabodetabekjur Godok Lima Persoalan

0
BKSP Jabodetabekjur Godok Lima Persoalan
IST FOR RADAR DEPOK USAI RAPAT : Walikota Depok Mohammad Idris (mengunakan baju hitam) bersama jajaran para pemimpin wilayah Jabodetabekjur saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penjelasan terkait hasil rapat BKSP, kemarin kepada awak media.
IST FOR RADAR DEPOK
USAI RAPAT : Walikota Depok Mohammad Idris (mengunakan baju hitam) bersama jajaran para pemimpin wilayah Jabodetabekjur saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penjelasan terkait hasil rapat BKSP, kemarin kepada awak media.

DEPOK – Demi kemajuan pembangunan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur). Kemarin, Pemkot Depok mengikuti rapat Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP), di Balaikota Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, ada lima persoalan yang dibahas.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, Walikota Depok Mohammad Idris bersama rombongan beberapa OPD menghadiri rapat BKSP. Dalam rapat tersebut sebagai bentuk tindaklanjut dari rapat beberapa waktu lalu, bersama para pimpinan daerah Jabodetabekjur. Di dalam rapat tersebut, kata dia, membahas persoalan-persoalan. “Ada lima masalah prioritas yang dibahas dalam rapat BKSP,” kata Nessi, kepada Radar Depok, kemarin.

Lima poin masalah dalam pembahasan itu sebut Nessi, antara lain, masalah banjir, kemacetan, air Bersih, persampahan, dan ketahanan pangan. Di dalam rapat BKSP Jabodetabekjur meliputi tiga wilayah antara lain, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Provinsi Banten.

”Ada sembilan kota dan kabupaten yaitu Kota Depok, Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Cianjur yang turut serta,” sebut dia.

Menurutnya, masalah yang dibahas ini diharapkan menjadi solusi dan terealisasi. Ditanya soal bantuan, Nessi belum bisa memberikan penjelasan lanjut. “Belum bicara ke arah sana. Nanti akan dilanjutkan dengan rapat teknis dengan perangkat daerah terkait,” ungkap Nessi.

Terpisah, Ketua BKSP Jabodetabekjur, Anies Baswedan mengatakan, kerjasama dengan beberapa daerah sudah menjadi wacana sejak lama. “Hal ini memang sudah lama direncanakan. Kita ini pusat dan ibukota, jadi sebagai contoh untuk daerah lain. Jadi harus sinkron satu dengan yang lain,” ujar Anies.

Ada lima prioritas pertemuan BKSP Jabodetabekjur. Pertama, penanggulangan banjir di daerah Jakarta dan sekitarnya. Kedua, permasalahan mengenai transportasi dan kemacetan.

Ketiga, penyediaan air bersih untuk masyarakat. Keempat, masalah sampah yang ada. Kelima, ketahanan pangan dalam menyambut event-event besar seperti hari raya Idul Fitri dan Natal. Selain Anies, hadir pula pejabat daerah lainnya yakni Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Sementara kepela daerah lainnya hanya diwakilkan oleh pejabat terkait.(irw)