Beranda Metropolis Daftar-Bayar Iuran Bisa di Kader JKN-KIS

Daftar-Bayar Iuran Bisa di Kader JKN-KIS

0
Daftar-Bayar Iuran Bisa di Kader JKN-KIS
FOTO: Ambarwati, Kader JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang Depok
FOTO: Ambarwati, Kader JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang Depok

DEPOK – Tahun 2014 merupakan tahun sejarah dimulainya masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan yang lebih baik. Peluncuran program JKN-KIS, dengan pengelolanya BPJS Kesehatan telah memberikan harapan kepada masyarakat untuk dapat hidup lebih sejahtera. Tak hanya itu, akses pelayanan kesehatannya pun  lebih baik dengan biaya terjangkau.

Sebagai salah satu program strategis nasional, program JKN-KIS terus mengalami perkembangan. Hal ini tampak dari peningkatan jumlah kepesertaan yang begitu pesat, diiringi dengan jumlah fasilitas kesehatan yang terus bertambah bagi peserta JKN-KIS.

Saat ini program JKN-KIS merupakan salah satu program dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia, serta sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini tampak dari kunjungan peserta ke fasilitas kesehatan yang terus meningkat.

Sebagai pengelola program JKN-KIS, BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi, dan mengupayakan peningkatan pelayanan bagi peserta JKN-KIS. Berbagai inovasi telah dikembangkan yang memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS. Salah satunya program Kader JKN-KIS.

Kader JKN-KIS merupakan orang-orang yang menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk menjalankan sejumlah fungsi BPJS Kesehatan, antara lain fungsi perluasan peserta dan fungsi pengumpul iuran.

Salah satu kader JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang Depok, Ambarwati mengatakan, program JKN-KIS telah banyak membantu masyarakat. “Banyak masyarakat yang merasa senang dengan kehadiran saya selaku kader JKN-KIS di tengah-tengah mereka,” katanya.

Menurut dia, menjadi Kader JKN-KIS adalah bentuk pengabdiannya kepada masyarakat. Sebagai kader JKN-KIS dia dapat membantu mereka. Banyak masyarakat yang agak sulit untuk mendaftarkan diri, dan membayar iuran dikarenakan tidak memiliki waktu. Oleh karena itu, kehadiran dia dapat membantu mereka untuk membayar dan mendaftarkan diri dalam program JKN-KIS. Sebenarnya, kata dia BPJS Kesehatan telah mengembangkan aplikasi mobile JKN yang memudahkan masyarakat untuk mendaftar dan mengakses informasi tentang JKN-KIS dan BPJS Kesehatan. Namun terkadang ada yang belum terlalu paham cara penggunaannya. Oleh karena itu, dia juga sering mensosialisasikan aplikasi tersebut kepada mereka.

“Saya merasa sangat senang menjadi Kader JKN-KIS. Sebagai kader JKN-KIS, saya dapat membantu banyak orang dan hal tersebut membuat saya senang. Selama menjadi Kader JKN-KIS, saya dapat menjalin silaturahmi dengan banyak orang,” tutup Ambarwati. (dtm)