Beranda Metropolis Depok Dijatah 50 Bus Mudik Gratis

Depok Dijatah 50 Bus Mudik Gratis

0
Depok Dijatah 50 Bus Mudik Gratis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK PENDAFTARAN MUDIK GRATIS : Warga sedang melakukan pendaftaran mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan di kawasan Terminal Kota Depok, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
PENDAFTARAN MUDIK GRATIS : Warga sedang melakukan pendaftaran mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan di kawasan Terminal Kota Depok, kemarin.

DEPOK – Warga Depok yang mau mudik tahun ini mesti buru-buru mendaftar. Ternyata kemarin, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cuma menjatah Kota Depok 50 bus dengan kapasitas 45 kursi, dari 1.130 bus. Di hari pertama pembukaan pendaftaran, pendaftar di Kota Depok sudah membludak.

Operator mudik gratis Kemenhub di Terminal Depok, Budi Mulya mengatakan, kemarin merupakan hari pertama pendaftaran peserta mudik gratis di Kota Depok. “Hari ini yang kedua, dan antusias calon pemudik sangat tinggi sejak hari pertama Senin (2/4),” kata Budi kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Dia mengatakan, meski baru membuka pendaftaran secara langsung, sudah banyak calon pemudik yang melakukan pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id. “Sudah banyak yang melakukan pendaftaran mudik gratis secara online, sedangkan yang mendaftar langsung di Kota Depok, baru terhitung 120 orang per hari ini (kemarin),” tuturnya.

Menurutnya, tidak ada syarat khusus untuk melakukan  pendaftaran mudik gratis, calon penumpang tinggal mengisi formulir pendaftaran, dan membawa identitas KTP, sedangkan bagi yang ingin membawa balita harus membawa kartu keluarga. “Pendaftaran mudik gratis kita lakukan secara global yang dilakukan di lima kota, Depok, Bekasi, Tangerang, Jakarta, dan Bogor, sehingga pemudik tinggal memilih tempat keberangkatan. Jika kuota di tempat keberangkatan penuh bisa mengganti ke tempat keberangkatan lain,” bebernya.

Jatah bus yang berangkat dari Kota Depok antara lain, Tegal 6 unit, Kebumen 4 unit, Purwokerto 5 unit, Yogyakarta 5 unit, Solo 5 unit, Wonogiri 5 unit, Semarang 3 unit, Cirebon 3 unit, Kuningan 3 unit, Ciamis 3 unit, Tasikmalaya 3 unit, Garut 2 unit, dan Banjar 3 unit. “Sementara jatah bus tujuan Solo satu unit sudah full boked, dan keberangkatan akan dilaksanakan 11 Juni,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Depok, Reynald Johan sangat mengapresiasi program yang dilakukan pemerintah. Namun, pihaknya juga menghimbau agar warga segera mendaftar karena kuota terbatas. “Nantinya juga kami akan melakukan cek fisik kendaraan sebelum melakukan keberangkatan mudik gratis,” papar Reynald Johan.(cr2)