Beranda Metropolis Dinkes Depok Periksa 16 Ribu Remaja Putri

Dinkes Depok Periksa 16 Ribu Remaja Putri

0

DEPOK – Kepedulian kepada anak muda khusus remaja putri. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan mengelar pemeriksaan remaja putri dengan memberikan tablet tambah darah pada April ini. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Depok, May Haryanti, kepada Radar Depok.

“Total ada 16 ribu remaja putri yang kami periksa,” ucap May, kemarin.

Dijelaskan May, pemeriksaan remaja putri ini untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah. ”Juga mengetahui apakah mengalami anemia atau tida,” tuturnya.

Pelaksanaan pemeriksaan akan ditempatkan di Puskemas setiap wilayah di tiap kecamatan dan kelurahan. Tentu  Dinkes Depok melalui bekerja sama dengan Tim Pembina (TP) Unit Kesehatan Sekolah (UKS) setempat.

”April ini kami akan gelar, untuk jumlah sekolah pastinya belum merekap semua. Kalau umur diseusikan remaja putri,” katanya.

Untuk pemeriksaan lanjutnya,  untuk alat tes hemoglobin sudah didistribusikan ke sejumlah Puskesmas. Selanjutnya, akan dilakukan koordinasi dengan pihak sekolah.

“Alatnya sudah kami siapkan, tablet tambah darah juga sudah tersedia,” ungkapnya.

Ia menamabahkan, jika nantinya ditemukan remaja mengalami anemia, maka akan terus dilakukan pendampingan. Tentunya dengan memberikan tablet tambah darah (TTD) secara rutin kepada remaja putri.

“Setelah diperiksa dan ada hasilnya, bagi remaja putri yang mengalami anemia akan kami berikan TTD setiap satu minggu sekali. Dengan intensitas pemberian TTD 52 kali dalam satu tahun,” jelasnya.

Anggota Komisi D DPRD Depok Lahmudin Abdullah mengapresiasi langkah Dinkes Depok mengelar pemeriksaan bagi remaja putri. Namun kalau bisa pemeriksaan kekurangan darah bagi remaja putri harus ditambah jumlahnya.

“Kalau bisa yah, Dinkes punya data keselurhan remaja putri. Saya yakin lebih dari 16 ribu remaja putri yang ada di Depok,” katanya.

Pemberitahuan kegiatan tersebut harus benar sampai ke masyarakat, sehingga jatah 16 ribu bisa mencapai target.”Kami harap program ini bermanfaat. Dan warga Depok sehat-sehat,” tuturnya. (irw)