Beranda Metropolis Dinkes Depok: RS Permata Diaudit KMRS

Dinkes Depok: RS Permata Diaudit KMRS

0
Dinkes Depok: RS Permata Diaudit KMRS
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Depok, Enny Ekasari
FOTO: Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Depok, Enny Ekasari

DEPOK-Kasus bayi meninggal yang diduga akibat tak ditangani rumah sakit menemui babak baru. Kemarin, Dinas Kesehatan pastikan Rumah Sakit (RS) Permata akan diaudit Komite Medik Rumah Sakit (KMRS)

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Depok, Enny Ekasari mengatakan, kasus kematian bayi ini sudah ditangani. Kemarin, kata dia, teman-teman Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sawangan sudah ke RS Permata Depok, menyelesaikan persoalan ini. “Akan dilakukan audit kasus kematian internal oleh Komite Medik Rumah Sakit,” kata Enny, kepada Radar Depok, kemarin.

Untuk waktunya, kata dia, sedang disepakati internal yang terlibat. “Dilakukan Audit Maternal Perinatal (AMP),” ucap dia.

Dijelaskan dia, AMP ini adalah proses penelaah bersama kasus kesakitan, kematian ibu, bayi atau perinatal beserta penatalaksanaannya dengan menggunakan beberapa informasi.

Selain itu, juga pengalaman dari suatu kelompok terdekat untuk mendapatkan masukan mengenai intervensi yang tepat dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA). ”Kegiatan AMP tingkat kota kota rutin dilakukan oleh Dinkes, POGI , ARSSI, kota depok, IDAI Kota Depok, “ jelasnya.

Terpisah, Ayah korban, Andi Sugiharto mengakui, Dinkes dan Puskesmas Sawangan sudah menyabanginya. Hanya saja dia masih menyayangkan perlakuan pihak klinik dan RS Permata, yang sama sekali tidak memberikan penanganan kepada istri dan bayinya.

Menurutnya, alat penunjang rumah sakit yang kurang memadai tidak bisa dijadikan alasan. Sejak awal mestinya dilayani dahulu jangan langsung dioper-oper. “ Minimal ditawarkan dulu, lalu berikan penawaran ambulan. Jangan langsung dirujuk,” tandasnya.

Masih sama seperti sebelumnya, kemarin pihak RS Permata masih belum bersedia memberikan keterangan atas kasus tersebut.(irw)