DICKY/RADARDEPOK DIPERBAIKI: Satgas SDA PUPR Kota Depok tengah memperbaiki turap rumah longsor RT8/6 Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
DIPERBAIKI: Satgas SDA PUPR Kota Depok tengah memperbaiki turap rumah longsor RT8/6 Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas, kemarin.

DEPOK – Pasca rumah longsor yang terjadi pada Senin (23/4) di RT8/6, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas mendapatkan respon dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Kemarin, DPUPR telah melakukan perbaikan turap rumah longsong tersebut dengan cara semi permanen.

Kabid Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, usai mendapatkan laporan ada rumah yang longsor, pihaknya segera menurunkan Satgas SDA untuk melakukan penanganan. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya longsor susulan.

“Kami sudah menurunkan satgas dan melakukan penanganan,” ujar Citra kepada Radar Depok, kemarin.

Citra menjelaskan, penanganan longsor tersebut, yakni dengan membuat turap secara semi permanen. Sebelumnya, Satgas SDA telah melakukan pembersihan sisa puing bangunan rumah yang terkena longsor. Selanjutnya, Satgas SDA melakukan pemasangan cerucuk menggunakan bambu dan terpal, bertujuan meminimalisir longsor susulan.

Citra mengungkapkan, penanganan rumah longsor di Kelurahan Pancoranmas, pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk penurapan saja. Citra menambahkan, untuk mencegah terjadinya longsor, masyarakat diminta untuk tidak membuat bangunan di wilayah yang berpotensi terjadi longsor, seperti bantaran kali maupun tepian tebing.

“Apabila masyarakat melihat adanya potensi terjadinya longsor, segera menghubungi DPUPR Kota Depok,” tutup Citra. (dic)