Beranda Pendidikan Futsal Putri SMPN 11 Depok Mulai Berkiprah

Futsal Putri SMPN 11 Depok Mulai Berkiprah

0
Futsal Putri SMPN 11 Depok Mulai Berkiprah
SANI/RADAR DEPOK BERKEMBANG: Tim futsal putri SMPN 11 Depok memperlihatkan piala kemenangan usai keluar sebagai juara 1.
SANI/RADAR DEPOK
BERKEMBANG: Tim futsal putri SMPN 11 Depok memperlihatkan piala kemenangan usai keluar sebagai juara 1.

DEPOK – Futsal selalu identik dengan olahraga laki-laki. Tetapi saat ini kaum hawa sudah mulai menggeluti olahraga tersebut. Biasanya mereka bermain di ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah. Seperti SMP Negeri 11 Depok yang tengah merintis tim futsal putrinya untuk meraih banyak prestasi.

Wakil Kepala SMPN 11 Depok Bidang Kesiswaan, Murwanto mengatakan, tim futsal sekolahnya baru terbentuk kurang dari satu tahun, yakni tahun ajaran 2017/2018. Namun, sudah mulai mendapatkan prestasi.

“Kami baru uji coba mereka untuk ikut-ikut lomba, untuk melatih mental dan skill mereka juga. Alhamdulillah hasilnya baik,” kata Murwanto kepada Radar Depok, ditemui di sekolah, Komplek Sukatani Permai, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, kemarin (5/4).

Awal mula tim futsal putri terbentuk karena melihat bakat dan minat siswa saat pelaksanaan class meeting.

“Waktu itu coba masukin lomba futsal putri antar kelas, eh teryata banyak yang minat. Jadi kita coba saja bentuk,” katanya.

Pembentukan tim futsal putri di sekolah, lanjut Murwanto, karena juga ingin membangkitkan eksistensi perempuan yang selama ini dianggap masih jauh dibanding laki-laki.

“Sekaligus membangkitkan emansipasi wanita, bukan berarti untuk mengungguli laki-laki, tapi ikut berpartisipasi dan membawa prestasi juga untuk dirinya sendiri,” lanjutnya.

Selain itu, katanya, futsal putri juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk meraih prestasi. “Bisa buat tambahan nilai juga. Karena tiap siswa berbeda, ada yang punya bakat di bidang akademik. ada yang nonakademik. Jadi kita harus dorong mereka untuk kembangkan potensinya,” ujarnya.

Untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswanya, pihak sekolah berencana akan mengadakan kompetisi antar kelas.

“Kami benar-benar ingin fokus sama futsal ini, jadi kami akan selalu adakan penyaringan ke siswa yang punya potensi baik agar menjadi tim futsal inti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 11 Depok, Salim Bangun mengapresiasi semangat yang dimiliki siswanya di tim futsal putri yang sudah dapat memberikan prestasi dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

“Semoga kalau sudah lulus, di SMA-nya mereka terus mengembangkan potensi. Jangan sampai terputus. Sayang sekali nantinya, karena dari SMP kan sudah dibentuk skill dasarnya,” tutur Salim. (cr3)