Beranda Pendidikan Hari Kedua UNBK Depok Lancar Jaya

Hari Kedua UNBK Depok Lancar Jaya

0
Hari Kedua UNBK Depok Lancar Jaya
SANI/RADAR DEPOK LANCAR JAYA: Siswa SMK Setia Negara melaksanakan UNBK hari kedua, kemarin (3/4).
SANI/RADAR DEPOK
LANCAR JAYA: Siswa SMK Setia Negara melaksanakan UNBK hari kedua, kemarin (3/4).

DEPOK – Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Setia Negara yang berlokasi di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Pancoranmas, kemarin (3/4) berjalan dengan lancar tanpa hambatan, sehingga konsentrasi para siswa tetap fokus.

Ketua Panitia UNBK di SMK Setia Negara, Diah Nurmalasari mengatakan, selama berlangsung ujian tidak terjadi gangguan listrik dan jaringan. Sebanyak 249 peserta UNBK dinyatakan hadir semua di hari kedua.

“Alhamdulillah semua aman dari pertama sampai hari ini (kemarin, red). Karena tim proktor dan teknisi sudah berjibaku selama seminggu menyiapkan semuanya,” kata Sari kepada Radar Depok.

Sari menjelaskan, di sekolahnya menggunakan dua sesi dalam pelaksanaan UNBK tahun ini. Sebanyak 150 laptop yang terdiri dari milik sekolah dan siswa dipakai untuk menunjang ujian.

“Kami sengaja tidak pakai komputer di ruang lab, dan posisinya ada di lantai 3 agak sulit jika harus dibongkar, karena kami ujiannya di lantai dasar ruang kelas siswa,” jelasnya.

Dari tahun ke tahun, lanjut Sari, selalu menggunakan laptop dalam pelaksanaan UNBK di sekolahnya. Hal itu karena, laptop dianggap lebih efisien dan efektif untuk siswa selama mengerjakan soal.

“Kalau komputer kan lewat aliran listrik, takutnya ada kendala di aliran listrik kalau padam kan berabe. Jadi lebih baik pakai laptop aman,” lanjutnya.

Guna mengantisipasi terjadinya kendala cuaca yang tidak menentu, pihak SMK Setia Negara menyiapkan satu genset. Hal tersebut dilakukan agar tidak mengganggu siswa saat mengerjakan soal jawaban.

“Maka dari itu kami pakai laptop yang tidak perlu mencolok daya listrik secara terus-menerus, kan kasihan kalau ada kendala ditengah jalan bisa bikin otak mereka blank,” ujar Sari.

Dari 249 peserta yang mengikuti UNBK  terdiri dari tiga program keahlian, yakni Administrasi Perkantoran (AP), Akuntansi, dan Pemasaran.

“Sesi 1 untuk akuntansi dulu karena hanya dua kelas, lalu AP dua kelasnya lagi. Untuk sesi 2, lanjut AP 3 kelas dan Pemasaran 1 kelas,” tutup sari. (cr3)