INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK BERLATIH : Anggota Pertina Depok didikan Silem Serang sedang melakukan latihan rutin di halaman kontrakan Silem Serang.
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
BERLATIH : Anggota Pertina Depok didikan Silem Serang sedang melakukan latihan rutin di halaman kontrakan Silem Serang.

Tidak puas dengan perolehan dengan empat sabuk yang kini tergantung di kontrakanya. Silem Serang bertekad untuk menambah sabuknya dengan mengikuti pertandingan, dalam maupun luar negeri. Tetapi, yang paling utama dari itu semua, Silem bercita-cita untuk menularkan semangat Tinju di Depok dan menjadi pelatih di Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Kota Depok.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di ruangan kontrakanya Silem Serang mengatakan, setelah bertahun–tahun meniti karir di Depok. Saat ini yang ada dalam benaknya, ingin membuat wadah berlatih tinju bagi masyarakat Kota Depok. Cita-citanya itu agar ada warga Depok asli yang bersinar di kancah tinju nasional.

“Saya sudah kelilingi Kota Depok untuk mencari sasan tinju, tapi tak satupun saya temui kecuali sasan kontrakan saya ini. Oleh karena itu saya ingin Pertina Depok hidup kembali,” ujar Silem.

Langkah awalnya menghidupkan pertina adalah, dengan mengajak warga depok berlatih tinju melalui media sosial Facebook. “Ketika saya membagikan ajakan untuk berlatih tinju, banyak sekali respon dari masyarakat, namun begitu melihat fasilitas sasana mereka mundur,” ujar Silem cengengesan.

Menurut Silem, belum terlihat adanya minat warga Depok untuk menjadi petinju, karena rata–rata masih menganggap akan mendapatkan sasana dengan fasilitisas latihan yang mewah seperti yang ada di televisi. “Mereka hanya hobi olahraga, belum ada niat jadi petinju, jadi begitu tau fasilitas di sini hanya sederhana mereka gak tertarik,” sambungnya.

Padahal, jika memang benar ada warga Depok yang ingin jadi petinju, dia tidak akan sungkan mengeluarkan semua ilmunya agar bisa melahirkan petinju asli dari Kota Depok. Walau hanya dengan peralatan latihan seadanya.

“Saya bisa dikatakan sebagai bukti bahwa fasilitas sederhana bisa menghasilkan prestasi yang luar biasa,” katanya.

Meski demikian, saat ini di sasana Pertina Depok asuhanya sudah memiliki enam orang anggota petinju, walau bukan asli kelahiran Kota Depok. Empat diantara anggota Pertina tersebut sudah lolos, untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat (Jabar). “Masak di kabupaten tetangga (Bogor) punya petinju hebat, Depok juga harus punya dong,” ajak Silem.(dra)