Beranda Pendidikan Kejujuran untuk Siswa SMKN 2 Depok

Kejujuran untuk Siswa SMKN 2 Depok

0
Kejujuran untuk Siswa SMKN 2 Depok
PEBRI/RADAR DEPOK TINJAU: Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), M. Bakrun (enam kanan) bersama dengan Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin (enam kiri) dan guru-guru SMKN 2 Depok.
PEBRI/RADAR DEPOK
TINJAU: Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), M. Bakrun (enam kanan) bersama dengan Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin (enam kiri) dan guru-guru SMKN 2 Depok.

DEPOK – Di hari keempat, yang merupakan hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), M. Bakrun meninjau SMKN 2 Depok. Dalam kesempatan tersebut, Bakrun berkeliling ruangan-ruangan yang ada di SMKN 2 Depok melihat pelaksanaan UNBK.

Dalam kesempatan tersebut, Bakrun menjelaskan, bukan hanya sekedar mencari nilai saja, tetapi juga untuk melatih kejujuran siswa. Karena, dengan menerapkan berbasis komputer, maka siswa akan dituntut untuk berbuat jujur dalam mengerjakan soal UN. Dimana, setiap siswa mengerjakan soal yang berbeda-beda.

“Siswa di dalam kelas, tidak ada soal yang sama, mereka berbeda-beda. Jadi, mereka tidak akan bisa menyontek atau bekerjasama dengan siswa yang lainnya,” ucapnya saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Depok, Kamis (5/4).

Menurut Bakrun tidak hanya sekedar nilai, tetapi terselip pembentukan karakter untuk siswa. Karena, untuk menciptakan siswa yang berkualitas bukan hanya sekedar nilai saja yang dibutuhkan, tetapi juga karakter yang baik.

Kejujuran untuk siswa jenjang pendidikan SMK sangat penting, karena mereka disiapkan untuk masuk ke dunia kerja. Di dunia kerja, dibutuhkan siswa yang memiliki ketrampilan saja, tetapi karakter yang juga sangat penting.

“Di dunia kerja, sikap dan prilaku sangat penting, karena berkaitan dengan kepercayaan,” jelasnya. (peb)