IST FOR RADAR DEPOK PRATAMA PERSADHA
IST FOR RADAR DEPOK
PRATAMA PERSADHA

Saat ini siapa yang tidak tahu Taman Pemuda Pratama di Jalan Sairin, RT1/11, Kelurahan Tanah Baru, Beji. Ya taman yang keinginannya tersihir warga Depok ternayata ide dari Pratama Persadha pria asal Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Laporan : MUHAMMAD IRWAN SUPRIYADI 

Warga Depok yang bermain bersama anak-anaknya begitu riang. Mereka bermain di Taman Pemuda Pratama, di Jalan Sairin RT1/11 Kelurahan Tanah Baru, Beji.

Taman yang berukuran cukup besar. Beragam aneka wahana bermain khusus anak usia dini, termasuk ada kolam renang. Bahkan, ada tempat lokasi paintball untuk anak remaja.

Usut punya usut, pemilik Taman Pemuda Pratama merupakan seorang warga Tanah Baru bernama Pratama Persadha. Hal itu diketahui setelah Radar Depok bertanya kepada petugas pengelola taman.

Keinginan tahu soal taman ini. Koran Depok Sesungguhnya (Slogan Radar Depok), akhirnya bertemu dan dipersilakan masuk ke ruang ukuran 3×10 meter persegi.

“Silakan masuk,” ucap perintah Pratama.

Pria berambut kelimis dan rapih ini mengatakan, taman yang dibuat adalah inisiatifnya melihat semakin berkembangnya Kota Depok. “Saya bangun taman setahap demi setahap. Akhirnya jadi juga, pakai dana pribadi,” katanya.

Dia mengaku, sebagai pendatang di Kota Depok. Ingin membangun taman sebagai bentuk kepedulian akan ruang terbuak hijau (RTH), dan memenuhui hak anak-anak yang kini sudah hampir jarang ditemui  di kampung-kampung.

“Anak-anak itu membutuhkan tempat bermain, di usia dini dunia mereka bermain,” ujarnya.

Pengunjung yang ingin masuk ke taman ini tidak dipungut biaya. Di dalam taman ini terdapat wahana gratis yang dapat dicoba yakni playground berupa panjat tebing dan ayunan.

“Namun terdapat area yang dipatok tarif untuk masuk ke wahana,” kata dia.

Tidak hanya itu, taman ini tersedia kolam renang anak-anak dengan tarif Rp10 ribu untuk weekday atau hari biasa dan Rp 15 ribu untuk weekend.

“Paintball Rp30 ribu untuk satu orang dan war games Rp80 ribu,” katanya.

Sambil menujukan tangan ke arah jendela, Pratama mengatakan,  terdapat taman kelinci di tempat ini pengunjung hanya dikenakan biaya untuk makanannya saja Rp5 ribu.

Sementara, bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin terdapat olahraga panahan dengan biaya masuk Rp 15 ribu untuk anak-anak dan dewasa Rp 20 ribu.  Tempat ini memiliki luas 6.000 meter persegi, sehingga anak-anak dapat bermain secara leluasa di Taman Pemuda Pratama.

“Tujuan dibangun taman ini kita ingin punya wahana-wahana bermain untuk anak, karena zaman sekarang anak-anak lebih terpaku oleh handphone sehingga kita punya wahana untuk sarana edukasi,” ujarnya.

Taman ini buka dari hari Selasa sampai Minggu dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. (bersambung)