Beranda Satelit Depok Lele dan Alpukat Andalan Kelurahan Tapos Depok

Lele dan Alpukat Andalan Kelurahan Tapos Depok

0
Lele dan Alpukat Andalan Kelurahan Tapos Depok
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK MENEBAR: Suasana tebar benih lele di belakang kantor Kelurahan Tapos.
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
MENEBAR: Suasana tebar benih lele di belakang kantor Kelurahan Tapos.

DEPOK – Berbagai terobosan dilakukan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kelurahan Tapos untuk berlaga pada Lomba UP2K tingkat Nasional. Salah satunya dengan mengangkat potensi lokal di kelurahan tersebut, melalui budidaya lele dan pohon alpukat.

“Wilayah Kelurahan Tapos merupakan daerah perikanan dan pertanian. Untuk itu, daerah ini sangat cocok dengan budidaya ikan lele dan pohon alpukat, ” tutur Lurah Tapos, Tri Sutanto usai menebar benih ikan lele di kolam ikan di halaman kantor Kelurahan Tapos,

Dikatakannya, potensi pasar untuk ikan lele dan alpukat saat ini cukup baik, dan masa panennya tidak membutuhkan waktu yang lama. Masa panen ikan lele dua bulan dan alpukat dua tahun. Dimana, pihaknya telah mempersiapkan benih lele sebanyak 2.000 ekor dan alpukat sebanyak 30 pohon.

“Kami sudah perkirakan, dengan benih 2.000 ekor, jumlah yang diperkirakan dipanen selama dua bulan sebanyak 200 kilogram. Sementara itu, untuk satu pohon alpukat dapat menghasilkan 100 kilogram saat masa panen,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, kedepan pihaknya akan bekerja sama dengan dinas terkait untuk memfasilitasi para kader dalam mengelola potensi lokal yang ada, baik melalui pembinaan maupun pelatihan.

“Kami juga sudah memiliki toko UP2K yang yang menjual produk-produk hasil buatan para kader, dan dikelola oleh para kader PKK, ” tandasnya. (dra)