Beranda Pendidikan Literasi Digalangkan dengan Lomba

Literasi Digalangkan dengan Lomba

0
Literasi Digalangkan dengan Lomba
PEBRI/RADAR DEPOK AJANG: Salah seorang siswa sedang menyampaikan puisi di hadapan juri dalam Lomba Literasi jenjang pendidikan SD tingkat Kecamatan Tapos, Selasa (3/4).
PEBRI/RADAR DEPOK
AJANG: Salah seorang siswa sedang menyampaikan puisi di hadapan juri dalam Lomba Literasi jenjang pendidikan SD tingkat Kecamatan Tapos, Selasa (3/4).

DEPOK – Bertempat di SDN Cilangkap 1 dan 4, digelar Lomba Literasi tingkat Kecamatan Tapos. Dimana, dalam ajang tersebut, ada beberapa mata lomba yang digelar, yakni Menulis Cerpen, Mendongeng, Puisi, Pantun, Cipta Syair, Cerpen Betawi.

Ketua Lomba Pendidikan tingkat SD Kecamatan Tapos, Sudarman mengatakan, teknis dalam perlombaan tersebut, yakni siswa yang ikut lomba menyerahkan CD kepada panitia untuk dinilai. Tetapi, jika siswa tersebut hadir maka bisa ditampilkan untuk dilihat kemampuannya.

“Ini adalah lomba yang baru pertamakali di gelar di Kota Depok, jadi masih dalam penyesuaian juga dengan kondisi sekolahnya,” ucapnya.

Sudarman menjelaskan, ada beberapa mata lomba yang di tahun sebelumnya, masih tergabung di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), seperti puisi dan mendongeng. Namun, berkaitan dengan adanya program literasi yang digalangkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di sekolah-sekolah, maka beberapa mata lomba yang ada kaitannya dengan literasi dipisahkan.

Sudarman berharap, dengan adanga Lomba Literasi, siswa menjadi lebih termotivasi untuk membaca dan menulis. Karena, mereka diberikan wadah dan apresiasi atas apa yang mereka lakukan.

“Sebenarnya semua sekolah bisa disertakan dalam lomba literasi di Kemendikbud, tetapi di Kota Depok ingin mencari siswa yang terbaiknya,” katanya. (peb)