Beranda Pendidikan Melatih Kemampuan, Menanamkan Sikap Disiplin

Melatih Kemampuan, Menanamkan Sikap Disiplin

0
Melatih Kemampuan, Menanamkan Sikap Disiplin
SANI/RADAR DEPOK CALON KETUA REGU: Ratusan anggota pramuka di Kecamatan Sukamjaya mengikuti Gladi Pinru yang diadakan Kwarran Sukmajaya, di halaman SDN Mekarjaya 17, kemarin (3/4).
SANI/RADAR DEPOK
CALON KETUA REGU: Ratusan anggota pramuka di Kecamatan Sukamjaya mengikuti Gladi Pinru yang diadakan Kwarran Sukmajaya, di halaman SDN Mekarjaya 17, kemarin (3/4).

Membentuk siswa atau anggota pramuka menjadi calon ketua regu, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Sukmajaya melaksanakan Gladian Pimpinan Regu atau yang biasa dikenal Gladi Pinru, di halaman SDN Mekarjaya 17, kemarin (3/4).

LAPORAN: NUR APRIDA SANI

Gladi Pinru merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan Kwarran dalam masa kepemimpinan lima tahun, minimal satu kali pelaksanaan.

“Di sini kami bentuk siswa untuk menjadi calon ketua regu di pangkalan (sekolah) masing-masing untuk menjadi penerus dari ketua sebelumnya,” kata Ketua Kwarran Kecamatan Sukmajaya, Kristianti ditemui dilokasi Jalan Kahayan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Tian sapaan Kristianti melanjutkan, selain menjadikan siswa calon ketua regu, di kegiatan ini siswa dilatih untuk mengasah kepemimpinannya sekaligus mencetak siswa untuk menjadi generasi yang terampil menghadapi beberapa tantangan.

“Implementasinya lewat latihan kemampuan, penanaman sikap disiplin dan membentuk mental yang tidak mudah menyerah,” lanjutnya.

Dalam dua hari kegiatan Gladian Pinru, siswa akan diberikan materi tentang kepemimpinan dan praktek menjadi pemimpin regu dengan teknik-teknik kepramukaan.

“Nanti ada juga dinamika kelompok yang bermain dioutdoor jadi kami buat kegiatan yang menyenangkan tapi mendidik,” jelasnya.

Selain itu, siswa juga diajak untuk pergi ke pasar belanja bahan-bahan dengan menggunakan uang lima ribu rupiah. Kemudian, mereka  dikumpulkan menjadi beregu.

“Mereka harus mendeteksi apa saja yang dibeli dari masing-masing anggota melalui indera penciuman, penglihatan, dan pendengaran juga,” ungkap Tian.

Itu semua dilakukan Kwarran Sukmajaya guna membina siswa untuk bisa menjadi terampil sekaligus ahli, bukan hanya dalam hal yang berkaitan dengan praktek tapi langsung pada penerapan.

“Jadi kalau mau jadi pemimpin regu harus bisa semua teknik kepramukaan, sesuai tupoksi. Sehingga pemimpin itu bisa jadi tauladan,” tuturnya.

Sebanyak 100 siswa dari 50 sekolah yang ada di Kecamatan Sukmajaya ikut serta dalam Gladi Pinru.

Di lokasi yang sama, Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Sukamajaya, Taufan Abdul Fatah berharap dengan mengikuti Gladian Pinru para pelajar semakin terasah kemampuan kepemimpinannya.

”Semoga kedepan jadi pemimpin yangh tangguh, integritas jujur, dan disiplin,” tuturnya, singkat. (*)