Beranda Metropolis Orang Gila Bikin Resah Ponpes Depok

Orang Gila Bikin Resah Ponpes Depok

0
Orang Gila Bikin Resah Ponpes Depok
IRWAN/RADAR DEPOK DIAMANKAN : Pelaku yang diduga orang gila berhasil diamankan masyarakat usai mengangu anak Pondok Pesantren Al Hidayah, kemarin.
ACHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERAKTIFITAS: Sejumlah santri sedang beraktifitas di Pondok Pesantren Al Hidayah yang berada di Jalan Keadilan Raya, Rawa denok, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, kemarin.

DEPOK – Seorang pria diduga sakit jiwa berhasil diamankan Polresta Depok. Sebelumnya, pria tersebut nyaris dihakimi massa lantaran gerak-geriknya mencurigakan. Pelaku masuk ke dalam area sebuah Pondok Pesantren Al Hidayah, di Jalan Keadilan No 10 Kelurahan Rangkapanjaya Baru (RJB) Kecamatan Pancoranmas, Selasa(3/4), malam.

Berdasarkan keterangan Pondok Pesantren Al Hidayah, pelaku seperti orang linglung dan masuk ke dalam kawasan pondok pesantren. Langsung mendekati santriwati yang sedang mengaji di teras masjid ponpes. Kejadian itu tepat pada pukul 20.00 WIB.

“Tiba-tiba ada laki-laki asing duduk dekat santri putri. Setelah itu santri langsung bubar, diikuti pelaku sampai depan rumah kyai. Kemudian dia duduk lagi sambil lihat-lihat. Terus kembali lagi ke masjid, dan diamankan,” ungkap Direktur Pondok Pesantren Al Hidayah Bording School (HBS) Ustad Amsori, kepada Radar Depok, kemarin.

Setelah diamankan satpam dan diinterograsi pelaku mengaku  ingin mencari istri yang soleha. Karena terlihat seperti orang kurang waras, akhirnya pelaku dilepaskan.

“Setelah dilepaskan, pelaku langsung lari kecang. Karena para santri curiga bahwa orang itu berniat jahat. Akhirnya dikejar hingga Situ Pulo dan berhasil diamankan warga,” tutur dia.

Akhirnya, sambung dia, pelaku diserahkan ke pihak berwajib. Dari tangan pelaku lanjutnya, pihak pondok pesantren menyerahkan barang bukti yang dimiliki orang tersebut kepada polisi. Ada pun barang itu, Ipad, Alquran dan KTP.

“Gak ada benda tajam. Pas ditanya nama, awalnya berbeda tapi akhirnya memberikan nama sebenarnya. Ditanya alasannya, pelaku hanya bungkam. Kami belum periksa Ipad-nya. Sebelumnya ada orang yang curiga, kejadian ini sudah ketiga kalinya,” bebernya.

Menimpali kejadian ini, Kapolresta Depok Kombes Pol, Didik Sugiarto mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat bahwa ada orang dengan gerak-gerik mencurigakan, masuki halaman pondok pesantren Al Hidayah.

“Ada laporan orang yang mencurigakan dan sudah diamankan. Pihak kepolisian datang untuk memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya Kapolres, Selasa (3/4).

Ia menambahkan, jika ada hal mencurigakan, masyarakat sebaiknya lapor ke petugas kepolisian. Dirinya menekankan untuk tidak main hakim sendiri.

“Polisi akan tindaklanjuti laporan sesuai aturan. Kita terus tingkatkan silaturahmi. Galakkan giat subuh keliling dan salat fardu,” tambahnya.

Menurutnya, orang yang mencurigakan tersebut masuk ke area pondok pesantren saat para santriwati sedang mengaji. “Akhirnya diamankan oleh santri. Untuk selanjutnya kita lakukan observasi kepada yang bersangkutan. Akan kordinasi dengan RS Polri untuk observasi kejiwaan,” tutupnya.(irw)