Beranda Satelit Depok Perhatian Disdagin Kota Depok untuk IKM

Perhatian Disdagin Kota Depok untuk IKM

0
Perhatian Disdagin Kota Depok untuk IKM
IST FOR RADARDEPOK MENYIMAK: Suasana Pelatihan IKM di Balatkop, Kecamatan Sukmajaya.
IST FOR RADARDEPOK
MENYIMAK: Suasana Pelatihan IKM di Balatkop, Kecamatan Sukmajaya.

Sebanyak 50 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) perwakilan dari 11 kecamatan diberi pelatihan desain kemasan produk oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok. Pelatihan tersebut bertujuan, untuk meningkatkan nilai jual serta daya saing produk IKM di pasaran.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di dalam gedung Balai Pelatihan Tenaga Koperasi (Balatkop), Kecamatan Sukmajaya, para peserta pelatihan IKM mendapatkan arahan dari Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian di Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz.

“Produk-produk IKM di Kota Depok sudah bagus, tetapi yang masih menjadi kelemahan adalah kemasan. Karena itu, kami melakukan pembinaan para pelaku IKM, supaya kemasan produknya lebih menarik, yang nantinya mampu meningkatkan daya saing serta nilai jual,” tuturnya usai membuka pelatihan di Balatkop.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, melalui pelatihan tersebut, para pelaku IKM tidak hanya dibekali lewat teori, tetapi juga diajarkan cara mendesain kemasan yang menarik. Semua itu, diharapkan para pelaku IKM mampu mengaplikasikan ke produknya, agar semakin meningkatkan usahanya.

“Untuk pelatihan kemasan di tahun ini, ditargetkan ada 150 pelaku IKM yang terbagi dalam tiga angkatan pelatihan. Selain itu, kami juga akan terus melakukan evaluasi dan pendampingan, guna melihat apakah pelatihan yang diadakan memberikan dampak terhadap kemajuan usahanya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta dalam pelatihan, Vipo Andriani (35) menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, adanya pelatihan kemasan, semakin meningkatkan daya saing serta nilai jual produknya.

“Yang pertama kali dilihat orang saat membeli produk kami, adalah kemasan. Kalau kemasannya menarik, itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Mudah-mudahan pelatihan seperti ini terus berlanjut, agar produk kami semakin diterima di masyarakat luas,” pungkasnya. (*)