Beranda Politika PPK Sukmajaya Depok Minta Warga Aktif

PPK Sukmajaya Depok Minta Warga Aktif

0
PPK Sukmajaya Depok Minta Warga Aktif
RICKY/RADAR DEPOK KROSCEK: Koordinator Pokja Pemutakhiran Data Pemilih PPK Kecamatan Sukmajaya Mujaidi membantu warga mengecek namanya di DPS yang dipasang di Kantor Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Senin (2/4).
RICKY/RADAR DEPOK
KROSCEK: Koordinator Pokja Pemutakhiran Data Pemilih PPK Kecamatan Sukmajaya Mujaidi membantu warga mengecek namanya di DPS yang dipasang di Kantor Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Senin (2/4).

DEPOK – Meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sukmajaya meminta warga untuk aktif mengecek Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang dipasang di kantor kelurahan di Kecamatan Sukmajaya.

“Hal ini untuk memastikan apakah semua warga yang sudah berhak memilih sudah masuk dalam DPS. Ini dipasang sejak 24 Maret hingga 2 April,” kata Koordinator Pokja Pemutakhiran Data Pemilih PPK Kecamatan Sukmajaya Mujaidi kepada Radar Depok, kemarin.

Mujaidi menjelaskan, masyarakat yang memang memenuhi syarat untuk memberikan hak suara, namun tak masuk DPS, diminta untuk melapor dan berkoordinasi dengan mereka. Pilihan lainnya, mereka juga bisa langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau PPK Sukmajaya. Hal tersebut agar data warga dapat dicatat dan dimasukan ke Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), yang kemudian menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“DPS sudah ditempel oleh petugas di masing-masing kelurahan. Jadi warga silakan mengecek ke daftar DPS yang telah ditempel itu untuk memastikan masuk atau tidak dalam DPS. Warga yang merasa belum tercoklit kita minta untuk melapor dan berkoordinasi dengan kita atau langsung ke PPS setempat atau PPK,” pintanya.

Dia melanjutkan, selain meminta warga mengecek apakah sudah terdaftar atau belum di DPS, Mujaidi juga meminta agar masyarakat yang telah masuk dalam daftar pemilih potensial non e-KTP, untuk dapat melakukan perekaman e-KTP.

Dirinya menambahkan, berdasarkan penetapan dari KPU Provinsi Jawa Barat, DPS di Kota Depok sebanyak 1.157.560 pemilih. Dengan rincian 574.601 pemilih laki-laki dan 582.959 pemilih perempuan yang tersebar di 3.302 Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar se-Depok. Sementara DPS Kecamatan Sukmajaya sendiri mencapai 160.432 pemilih.

“Kami juga berharap masyarakat ikut aktif menyukseskan Pilgub Jabar 2018 dengan datang ke TPS pada tanggal 27 Juni 2018,” tandasnya.

Sementara, Wilono Amboro, warga Jalan Cakalele 1 No92 RT1/11 Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya mengaku, dirinya kekelurahan lantaran sedang mengurus administrasi sekaligus mengecek datanya sudah masuk di DPS atau belum.

“Tadi sudah cek, berdasarkan alamat rt/RW, saya masuk TPS 38. Tadi dibantu orang PPK juga, jadi lebih mudah mencari nama saya,” ucap Wilono. (cky)