Beranda Metropolis PT Petamburan Janji Renovasi Pasar

PT Petamburan Janji Renovasi Pasar

0
PT Petamburan Janji Renovasi Pasar
A HMAD FACHRY/RADAR DEPOK PAPA S AR TRADISIONAL: Tampak terlihat Pasar Tradisional Kemiri Muka yang berada di kawasan Kecamatan Beji, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
PASAR TRADISIONAL: Tampak terlihat Pasar Tradisional Kemiri Muka yang berada di kawasan Kecamatan Beji, kemarin.

DEPOK – PT. Petamburan Jaya Raya (PT PJR) selaku pemenang tarik menarik dengan Pemkot Depok, membawa angin segar bagi pedagang. Kemarin, PT PJR berjanji bakal merenovasi Pasar Modern Kemirimuka.

“Terbukti semua telah di menangkan PT. Petamburan Jaya Raya dan diyatakan inkrach terhadap Pasar Kemirimuka, atas bukti kepemilikan berupa sertifikat HGB Nomor 68 atas nama PT. Petamburan Jaya Raya dinyatakan sah,” kata Direktur PT Petamburan Jaya Raya, Yudhy Pranoto Yunanto kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Dengan demikian kata Yudhy berdasarkan putusan Kasasi dan PK MA, maka status quo Pasar Kemirimuka sudah tidak lagi. Pihaknya meminta kepada Pengadilan Negeri (PN) Depok untuk menindaklanjuti hasil dari Keputusan Pengadilan tersebut untuk men-geksekusi pasar Kemirimuka.

Sementara itu, Yudhy menyebutkan dengan adanya berita eksekusi ini menimbulkan kejolak dikalangan pedagang Pasar Kemirimuka. Bahkan, mendapatkan tanggapan dari Walikota Depok, Idris Abdul Somad dan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriyatna, yang juga viral di media sosial.

Dalam pernyataannya, Walikota Depok menyatakan bahwa peruntukan lahan pasar Kemirimuka hanya boleh untuk dibangun pasar. Walikota dan Wakil Wali Kota juga meminta kepada PT. Petamburan Jaya Raya harus mengakomodir 1.400 pedagang Pasar Kemirimuka.

Yudhy mengaku, sudah menjawab tuntutan Pemkot Depok itu sesuai saran Ketua PN Depok, Sobandi agar PT. PJR membuka ruang untuk negosiasi dengan Pemkot Depok sebelum dilakukan eksekusi. Menurutnya, hal tersebut sudah dipenuhi PT. PJR yaitu lewat usulan yang disampailan Ketua PN Depok. Bahwa PT. PJR bersedia membangun kembali pasar tradisional modern Kemirimuka segera, setelah mendapat izin dari Pemkot Depok.

“Tapi sampai hari ini belum ada jawaban dari Walikota Depok, sehingga kami belum bisa menjawab kalau ditanya kapan pasar Kemirimuka akan kebali dibangun setelah di eksekusi nanti,” keluh Yudhy.

Terpisah, Humas Pengadilan Negeri Depok, Teguh membenarkan jika pihaknya akan melakukan eksekusi pasar Kemirimuka pada 19 April mendatang. Eksekusi itu sudah sesuai keputusan Pengadilan Negeri Depok Nomor: 04/Pen.Pdt/Del.Eks.Peng/2015/PN.DPK.

“Iya benar akan ada eksekusi pasar Kemirimuka 19 April besok. Saat ini kami sedamg koordinasi dengan pihak keamanan untuk kepentingan eksekusi tersebut,” kata Teguh.

Perlu diketahui, mulai dari Putusan Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Bogor Nomor: 36/Pdt.G/2009/PN.Bgr, tanggal 29 Maret 2010 juncto Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor: 256/Pdt/2010/PT.Bdg, tanggal 5 Oktober 2010 Juncto Putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) RI Nomor: 695 K/Pdt/2011, tanggal 9 Februari 2012 juncto Putusan Peninjauan Kembali MA RI Nomor: 476 PK/Pdt/2013, tanggal 4 April 2014, yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).(cr2)