PEBRI/RADAR DEPOK KOMPAK: Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida bersama dengan peserta Seminar Parenting di Sekolah Cakra Buana, Kamis (19/4).
PEBRI/RADAR DEPOK
KOMPAK: Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida bersama dengan peserta Seminar Parenting di Sekolah Cakra Buana, Kamis (19/4).

DEPOK – Ada berbagai komponen untuk pembentukan Depok Ramah Keluarga. Menurut Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida yang menjadi hal penting adalah peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pembangunan Kota Layak Anak, dan Peningkatan Ketahanan Keluarga.

Menurut, Elly keluarga adalah inti dari peradaban. Semua perkembangan jaman berawal dari kondisi keluarganya. Ketahanan keluarga sangat berpengaruh pada perkembangan anak, dan anak itu adalah generasi bangsa yang akan mengisi bangsa kedepannya.

“Peradaban di masa depan adalah bagaimana pendidikan sekarang, dan keluarga adalah pemberi pendidikan sejak dini,” ucapnya saat mengisi seminar Parenting di Sekolah Cakra Buana.

Elly menjelaskan, tidak hanya pendidikan di keluarga juga awal dari pembentukan karakter anak-anak, dan cara adalah dengan pola asuh. Salah satunya dengan adanya interaksi yang baik antara orang tua dan anak dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

Ada banyak yang harus dilibatkan, untuk lingkungan rumah, ada orang tua, kakek, nenek dan sanak keluarga lainnya. Sedangkan di lingkungan sekolah ada kepala sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya. Lalu di lingkungan masyarakat ada tetangga dan orang-orang yang tinggal di sekitar tempat tinggal.

“Semua memiliki peran masing-masing dalam pembentukan karakter anak, dan karakter tersebut mempengaruhi peradaban bangsa,” katanya. (peb)