DICKY/RADARDEPOK MENYENTUH: Suasana roadshow HLUN di aula Kecamatan Sawangan, Selasa (24/4).
DICKY/RADARDEPOK
MENYENTUH: Suasana roadshow HLUN di aula Kecamatan Sawangan, Selasa (24/4).

Perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kota Depok juga terasa di Kecamatan Sawangan. Sebanyak 200 lansia mengikuti peringatan HLUN yang diisi berbagai macam kegiatan, mulai dari senam bersama hingga curhat lansia.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sinar matahari berselimutkan embun pagi mendampingi semangat lansia Kecamatan Sawangan, untuk meramaikan kantor halaman Kecamatan Sawangan dalam memperingati HLUN. Diawali dengan senam, lansia Kecamatan Sawangan tampak semangat dan berenergi walaupun usia tidak muda lagi.

Usai mengikuti HLUN, Camat Sawangan Zainuddin mengatakan, lansia juga bagian dari masyarakat Kecamatan Sawangan. Meramaiakan peringatan HLUN merupakan salah satu cara Kota Depok khususnya Kecamatan Sawanga,n dalam merangkul lansia untuk tetap semangat dalam beraktivitas.

“Ada beberapa kegiatan yang kami laksanakan bersama lansia dalam memperingati HLUN,” ujar pria yang pernah menjabat Lurah Limo.

Zainuddin menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan berupa senam bersama, roadshow, dan curhat lansia. Tidak hanya itu, untuk mewadahi lansia di Kecamatan Sawangan, pihaknya telah membentuk Lembaga Lanjut Usia (LLI) tingkat Kecamatan Sawangan.

Zainuddin menuturkan, pihaknya juga mendorong semangat dan memfasilitasi keberadaan lansia, dengan memberikan pelatihan kepada kader meningkatkan wawasan dan pengetahuan, baik Posbindu maupun Bina Keluarga Lansia (BKL). Kecamatan Sawangan mengajak para lansia rutin melaksanakan senam bersama, baik ditingkat Kecamatan Sawangan maupun ditiap kelurahan.

“Kami bersama Puskesmas Sawangan kerap melaksanakan pemeriksaan kesehatan lansia,” tutup Zainuddin. (*)