INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK SERAHTERIMA: Anggota Divif/1 Kostrad sedang melakukan serah terima perlengkapan MCK secara simbolik kepada seorang warga yang mendapat bantuan sebagai tanda dimulainya kegiatan renovasi sarana MCK miliknya
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
SERAHTERIMA: Anggota Divif/1 Kostrad sedang melakukan serah terima perlengkapan MCK secara simbolik kepada seorang warga yang mendapat bantuan sebagai tanda dimulainya kegiatan renovasi sarana MCK miliknya.

DEPOK Prajurit Disivisi Infanteri/1 Kostrad Cilodong menyambangi rumah-rumah yang menjadi target kegiatan Karya Bakti Satuan Non Komando Wilayah Tentara Nasional Indonesia (TNI), awal pekan ini.

Ada empat titik sarana mandi cuci kakus (MCK) milik warga di Kecamatan Cilodong, rampung diperbaiki oleh anggota baret hijau tersebut.

Lokasi MCK yang sudah diperbaiki, antara lain di RT03/08, 05/08 dan RT 01/01, Kelurahan/Kecamatan Cilodong. “Selain melakukan renoavasi sarana MCK, kami juga melakukan pengecatan dan perbaikan atap WC warga yang rusak,” ucap Pelaksana Kegiatan Karya Bakti, Sersan Kepala (Serka) M. Badru Tamam.

Kata dia, sebanyak 30 orang personil dari Batalion Armed 10 Kostrad, Batalion Kesehatan Kostrad dan Anggota Divisi Kostrad diterjunkan untuk memperbaiki sarana MCK warga.

Lebih lanjut, sambung dia, pada minggu berikutnya mereka akan melakukan perbaikan MCK lagi di lima titik rumah warga di Kecamatan Cilodong. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah, tergantung adanya laporan dari warga yang membutuhkan bantuan.

“Wilayah Karya Bakti ini meliputi seluruh kecamatan di Kota Depok, silahkan saja memberitahu kami jika ada warga yang tak mampu untuk diperbaiki sarana MCKnya, maka kami akan kirim tim untuk mengecek kondisi MCK yang dilaporkan tersebut,” ujarnya.

Karya Bakti tersebut sudah berjalan selama lima tahun belakangan ini dengan kegiatan tiap enam bulan seklai atau per semester dan akan terus berjalan hingga warga Kota Depok dapat memiliki sarana MCK yang layak.

“Ini merupakan wujud TNI manunggal Rakyat. TNI lahir dari rahim Rakyat dan Rakuyat adalah ibu kandung TNI. TNI hadir untuk membantu Rakyat,” ungkap Tamam.

Sementara itu, Ketua RW08 Kelurahan Cilodong, Mulyadi mengatakan, dirinya mengapresiasi Karya Bakti yang dilakukan oleh korps baret hijau yang terkenal dengan julukan ‘ roda gila’ tersebut. Sepengetahuanya, sudah banyak warganya yang terbantu dengan karya bakti tersebut mengingat masih banyak rumah tidak layak huni yang berada di wilayahnya.

“Saya mengapresiasi sekali kehadiran bantuan dari Kostrad ini di wilayah saya, sudah tiga tahun ini Kostrad bersedia membantu memperbaiki sarana MCK milik warga saya,” pungkasnya. (dra)