Beranda Satelit Depok RW13 Cisalak Depok Punya Aplikasi Ramah Anak

RW13 Cisalak Depok Punya Aplikasi Ramah Anak

0
RW13 Cisalak Depok Punya Aplikasi Ramah Anak
IRWAN/RADAR DEPOK RW RAMAH ANAK: Ketua Kecamatan Layak Anak Sukmajaya dan Lurah Cisalak (duduk, tengah) bersama warga RW13, Kelurahan Cisalak, di sela kegiatan pembentukan dan pembinaan RW Ramah Anak.
IRWAN/RADAR DEPOK
RW RAMAH ANAK: Ketua Kecamatan Layak Anak Sukmajaya dan Lurah Cisalak (duduk, tengah) bersama warga RW13, Kelurahan Cisalak, di sela kegiatan pembentukan dan pembinaan RW Ramah Anak.

DEPOK – RW13, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya, satu dari sekian banyak RW di Kota Depok yang paling siap menjadi RW Ramah Anak. Itu dibuktikan dengan kesiapan sarana penunjang, salah satunya aplikasi online seputar RW Ramah Anak.

Di aplikasi tersebut dapat melakukan pengkaderan, program RW Ramah Anak, visi dan misi, hingga sistem pelaporan yang dapat dilakukan secara online. Tidak sampai di situ, di RW13 pun telah tersedia pojok baca dan aula pertemuan remaja.

“Secara sarana penunjang, RW13 sudah siap menjadi RW Ramah Anak. Karena sebelumnya RW13 telah dideklarasikan dengan nama Ikatan Remaja RW13,” kata Lurah Cisalak, Wiyana usai pembentukan dan pembinaan RW Ramah Anak yang digagas Kecamatan Sukmajaya, Rabu (4/4).

Itu semua, kata Wiyana, tidak terlepas dari peran serta perangkat RW dan RT, selaku pengurus Ramah Anak. Selain RW13, RW01 dan 02 telah menjadi RW Ramah Anak.

“Admin aplikasinya dikelola langsung remaja RW13. Kami selaku aparatur pemerintah terus mensupport agar RW Ramah Anak di Kelurahan Cisalak benar-benar terwujud. Artinya apa, RW Ramah Anak menjadi tolak ukur kesuksesan program Walikota dan Walikota menjadikan Depok sebagai Kota Layak Anak,” tandas Wiyana.

Di tempat yang sama, Ketua Kecamatan Layak Anak pada Kecamatan Sukmajaya, Mulyo Handono menilai jika Kelurahan Cisalak semakin proaktif membuat program dan kegiatan RW Ramah Anak.

“Suksesnya program pemerintah kota dimulai dari tingkat bawah. Kami akan terus melakukan pembinaan dan membentuk RW Ramah Anak di enam kelurahan,” kata Mulyo.

Menurutnya, membentuk karakter bangsa harus dimulai dari sejak dini. Maka pentingnya keberadaan RW Ramah Anak sebagai tempat menyalurkan kreativitas anak di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami di tingkat kecamatan ingin program ini terus berkesinambungan, seperti juga keinginan dari masyarakat. Di sinilah harus hadir peran dinas terkait mendukung sarana dan prasarana penunjang yang dimulai dari Kecamatan Layak Anak sampai RW Ramah Anak,” kata Mulyo. (irw)