Beranda Satelit Depok Sampah Situ Sidamukti Depok Diangkut

Sampah Situ Sidamukti Depok Diangkut

0
Sampah Situ Sidamukti Depok Diangkut
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK GUYUB: Puluhan warga Kelurahan Sukmajaya membersihkan Situ Sidamuki Studio Alam, Minggu (1/4) pagi.
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK
GUYUB: Puluhan warga Kelurahan Sukmajaya membersihkan Situ Sidamuki Studio Alam, Minggu (1/4) pagi.

DEPOK – Kebersihan adalah sebagian dari iman. Hal itu dipahami warga Kelurahan/Kecamatan Sukmajaya. Puluhan orang mulai dari RT, RW, tokoh masyarakat, lurah sampai anggota DPRD Kota Depok bahu-membahu membersihkan Situ Sidamukti Studio Alam yang terletak di RW01.

“Ini inisiatif warga melihat kondisi situ yang semakin banyak dipenuhi sampah,” kata Ketua RW01, Kelurahan Sukmajaya, Mat Nasir didampingi Ketua RT01/01, Oom.

Belasan kubik sampah berhasil diangkut dan dibawa dengan truk Dinas Lingkungan Hìdup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok yang ikut memfasilitasi.

Selain supaya situ menjadi bersih, kata Nasir, kerja bakti sekaligus menyambut hari jadi ke-19 Kota Depok, yang diperingati setiap 27 April. Sebagai orang Depok, sambung Nasir, warga Kelurahan Sukmajaya mempunyai tanggung jawab dalam merawat dan menjaga kota.

“Terutama situ ini, yang menyimpan sejarah bagi warga Kelurahan Sukmajaya, harus dirawat bersama,” katanya.

Selanjutnya, atasnama pengurus lingkungan, Nasir mengingatkan kepada seluruh warga dan pengunjung situ untuk ikut menjaga. Caranya dengan tidak membuang sampah ke situ.

“Situ ini banyak manfaatnya. Bukan cuma sebagai tempat penampungan air. Tapi juga kalau sudah dikelola dengan benar, bisa menjadi aset wisata,” katanya.

Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar yang ikut kerja bakti mengapresiasi inisiatif bersih-bersih yang dilakukan warga RW01, dan umumnya yang tinggal dekat situ.

“Bulan ini Kota Depok memasuki usia 19 tahun. Tentunya kita mempunyai tanggung jawab dalam menjaga dan merawat kota ini. Minimal bertanggung jawab terhadap lingkungan tempat tinggal,” kata Amund-panggilan Achmad Munandar.

Tentu, sambung Amund, apa yang dilakukan warganya sejalan dengan visi Kota Depok, yakni menjadi kota unggul, nyaman, dan religius.

“Saya atasnama pemerintah kota mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh warga yang telah peduli terhadap kebersihan situ,” ucap Amund. (ram)