SANI/RADAR DEPOK MERIAH: Salah satu penampilan siswa SDN Mekarjaya 15 di acara pensi sebagai momen Hari Kartini dan HUT ke-19 Kota Depok, Sabtu (28/4).
SANI/RADAR DEPOK
MERIAH: Salah satu penampilan siswa SDN Mekarjaya 15 di acara pensi sebagai momen Hari Kartini dan HUT ke-19 Kota Depok, Sabtu (28/4).

DEPOK – Semarak Hari Kartini dan HUT ke-19 Kota Depok juga terasa di SDN Mekarjaya 15 yang berlokasi di Jalan Rasamala, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. Kemeriahan tersebut dirangkum menjadi satu dengan acara Pentas Seni (Pensi), Sabtu (28/4).

Kepada Radar Depok, Kepala SDN Mekarjaya 15, Sutirah mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan satu kegiatan untuk tiga momen tersebut. Jadi, acaranya bisa lebih meriah karena tiga tema sekaligus jadi satu.

“Rangkaian acara sudah berlangsung sejak 21 April lalu dan hari ini adalah puncaknya kami buat semeriah mungkin karena ada tiga momen disini,” kata Sutirah.

Sejak 21 April lalu yang bertepatan dengan Hari Kartini, pihak sekolah sudah mengadakan karnaval dan lomba busana daerah, dilanjutkan Kamis dan Jumat (26-27/4) lomba mewarnai, menggambar, membaca puisi, dan menyanyi solo.

“Puncaknya kami buat pensi, baisanya diadakan di kenaikan kelas tapi dimajukan karena waktunya yang mepet. Kami adakan pensi untuk merefresh kerja otak mereka sebelum kelas VI ujian dan I sampai V kenaikan kelas,” jelas Sutirah.

Pensi sendiri, lanjut Sutirah akan terus digaungkan di sekolahnya setiap tahun. Tujuannya, untuk menampung kreativitas dan bakat siswa khususnya di bidang seni.

“Ini juga bisa dijadikan wadah pembelajaran untuk melatih keberanian dan sikap percaya diri mereka ketika tampil di depan banyak orang,” lanjutnya.

Berbagai penampilan diperlihatkan siswa dalam pensi tersebut, diantaranya tari-tarian, seni musik, dance, hingga drama tentang Kabayan dan Iteung. Bukan hanya siswa, komite dan koordinator kelas (korlas) juga kompak mengenakan pakaian yang serupa.

“Alhamdulillah orangtua disini sangat mendukung kegiatan sekolah, karena bagi kami anak adalah segalanya. Jadi semuanya sinergitas ketika akan mengadakan suatu acara,” ungkap sutirah.

Sutirah berharap dengan diadakannya pensi tersebut dapat memupuk bakat dan potensi yang terpendam dalam diri masing-masing siswa. Acara ditutup dengan pembagian hadiah dari lomba-lomba yang telah dilaksanakan seblelumnya.

“Sebagai reward dan motivasi mereka agar lebih meningkatkan prestasi ke arah yang lebih baik,” tutup Sutirah. (cr3)