SANI/RADAR DEPOK PENGETAHUAN: Ratusan siswa kelas XII SMK Nasional Depok mendapatkan sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, di ruang aula sekolah, kemarin (18/4).
SANI/RADAR DEPOK
PENGETAHUAN: Ratusan siswa kelas XII SMK Nasional Depok mendapatkan sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, di ruang aula sekolah, kemarin (18/4).

DEPOK – Menambah wawasan kebangsaan anak remaja, serta menangkal paham radikalisme di masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok mengadakan sosialisasi tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat ke siswa kelas XII SMK Nasional Depok, Rabu (18/4).

Kasi Hubungan Antar Lembaga Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kota Depok, Fredi Garnida mengatakan, kegitan sosialisasi tersebut merupakan bentuk dukungan Kesbangpol kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menuju Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kami membantu meningkatkan partisipatif dan pemahaman kepada pemilih pemula, yakni siswa SMA/SMK yang sudah berumur 17 tahun, dan mereka memiliki hak pilih,” kata Fredi kepada Radar Depok.

Fredi menjelaskan, di kegiatan tersebut siswa diberikan pemahaman mengenai kepemerintahan di Jawa Barat. Karena Kota Depok berbatasan dengan DKI Jakarta, masih minimnya pengetahuan anak remaja tentang pemerintahan Jawa Barat.

“Mereka saat ditanya Gubernurnya siapa masih salah penyebutan. Ini yang dikhawatirkan, makanya menuju Pilkada besok, kami harus berikan pengetahuan tentang nama-nama pasangan calon ke mereka,” jelasnya.

Sesuai dengan tema yang dipilih pada sosialisasi ini yakni ‘Pemilih Cerdas, Pemilu Berkualitas’, Fredi menerangkan, sosisalisasi ini juga untuk membentuk para pemilih pemula untuk cerdas dalam memilih pasangan calon, serta menjauhi paham radikalisme itu sendiri.

“Diharapkan mereka jangan sampai golput, silahkan pelajari dan bedah latar belakang pasangan calon, visi misinya seperti apa, apakah baik untuk masyarakat. Zaman sekarang sudah beda, jadi kalau bisa tidak ikut-ikutan dengan teman, harus lebih kritis lagi,” terangnya.

Sementara itu dilokasi yang sama, Wakil Kepala SMK Nasional Depok Bagian Kesiswaan, Giwanto mengucapkan terimakasih kepada Kesbangpol atas sosialisasi yang diberikan ke anak didiknya. Dengan begitu, pengetahuan siswanya tentang pemilu semakin bertambah.

“Ini kegiatan yang positif dan mengedukasi untuk siswa agar menjadi warga negara yang taat hukum dan mengerti hukum terkait pelakanaan Pilkada serentak. Semoga anak kami dapat menggunakan hak pilihnya dengan jujur dan adil sesuai amanah undang-undang,” tuturnya. (cr3)