DEPOK – Aparatur Sipil Negara (ASN) Depok, bakal dapat durian runtuh  saat merayakan Idul Fitri 1439 Hijriah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), pastaikan ada kenaikan Tunjangan Hari Raya (THR).

“Kami belum dapat infonya, kami harap semoga naik. Kalau pusat ada biasanya pemerintah daerah akan mengikuti,” singkat Sekretaris Daerah (Sekda) Depok Hardiono, kepada Harian Radar Depok kemarin.

Kepala Badan Keuangan (BKD) Depok, Nina Suzana mengaku, belum mendapatkan kabar ada kenaikan pada THR di Idul Fitri tahun ini. “Belum ada. Itu-kan  THR dari pusat,” ucap Nina.

Biasanya, kata dia, THR diberikan sama dengan jumlah satu bulan gaji. “Tergantung golongan setiap penerimanannnya,” beber dia.

Jika ada kenaikan THR di tahun ini, diharapkan menjadi  motivasi bagi ASN untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. “Kami harap kenaikan ini benar-benar ada dan menjadi semangat ASN,” ucapnya.

Sekda Pemprov Jabar, Iwa Karniwa mengungkapkan, ada kenaikan THR di tahun ini bagi ASN di Jawa Barat. THR biasanya, hanya satu kali gaji, sekarang Alhamdulillah mau naik. “Kenaikan THR ini tentu disambut baik. Tapi, ini harus dibarengi peningkatan kinerja lebih baik, harus lebih baik daripada sebelumnya,” ujar Iwa.

Kenaikan THR ini sudah dipertimbangkan. Pertimbangan ini seperti, faktor inflasi dan tunjangan kinerja ASN sudah tepat mengingat kebutuhan PNS setiap tahun mengalami kenaikan. Jadi, 13.000 ASN Pemprov Jabar memanfaatkan THR ini, sesuai kebutuhan dan pemanfaatan yang tepat dan baik.

Sebelumnya, Menpan-RB, Asman Abnur mengatakan, besaran THR untuk ASN aktif di tahun ini juga bakal lebih tinggi, dibanding sebelumnya. Sebab, komponen tunjangan kinerja (tukin), juga bakal dimasukan dalam THR untuk PNS aktif tahun ini. “Kami naikan THR, dulu-kan hanya gaji pokok, sekarang termasuk tukinnya, jadi tukin ditambah gaji pokok,” katanya.

Rencananya, sambung Abnur pencairan THR tersebut dilakukan sebelum lebaran, atau hari raya Idul Fitri 2018 yang jatuh pada 15-16 Juni 2018. Waktu pencairan THR ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Waktunya sama seperti tahun lalu, jadi tidak ada perubahan,” tutupnya.(irw)