UNBK Depok: Listrik Padam, Satu Sekolah Panik

In Utama

 

SANI/RADAR DEPOK
SERIUS: Siswa SMP Islam Al Falah tengah fokus mengerjakan soal ujian pada pelaksanaan UNBK Sesi 2, setelah terjadinya pemadaman listrik pada sesi 1, kemarin (24/4).

DEPOK – Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP masih ditemui gangguan. Kali ini bukan dari masalah server pusat error, melainkan adanya gangguan listrik padam selama satu jam 15 menit di SMP Islam Al Falah Jalan Perikanan, Pancoranmas, kemarin (24/4). Meski begitu, secara keseluruhan ujian berjalan lancar.

Kepala SMP Islam Al Falah, Herwanto mengatakan, padamnya listrik tersebut terjadi pukul 08.30 setelah setengah jam siswa mengerjakan soal.

“Jadi pas siswa lagi kerjain soal, tiba-tiba saja listrik mati, kita kaget satu sekolah jadinya,” kata Herwanto kepada Radar Depok.

Atas kejadian itu, pihak sekolah langsung menghubungi Dinas Pendidikan, guna melaporkan kendala yang terjadi di sekolah. Selanjutnya, Disdik meminta sekolah berkoordinasi dengan PLN. “Alhamdulillah langsung ditangani PLN,” terangnya Herwanto.

Herwanto mengaku, padamnya listrik sempat membuat peserta UNBK panik. Mengingat sekolah tidak menyiapkan genset karena keterbatasan biaya. “Kami tenang saja, karena imbauannya Disdik sudah tandatangan MoU dengan PLN, agar tidak ada pemutusan listrik selama UNBK,” kata Herwanto.

Pada pukul 09.45, siswa kembali mengerjakan soal ujian yang sebelumnya terhenti. Beruntung soal yang sudah dikerjakan tidak hilang. “Alhamdulillah jawaban mereka sudah tersimpan di server saat listrik padam tadi, jadi mereka tinggal melanjutkan,” ungkapnya.

Di SMP Islam Al Falah ada 78 peserta UNBK yang terbagi atas tiga sesi. Masing masing sesi terdiri dari 26 komputer, para siswa sudah mulai mengerjakan soal sekitar pukul 07.30. “Total ada 28 komputer yang beroperasi 26 yang dua cadangan, itu pun sebagian pinjam dari orang tua murid dan sekolah lain,” katanya.

Karena gangguan listrik padam tersebut berimbas pula pada waktu pelaksanaan UNBK sesi 2 selama setengah jam. Dimana seharusnya dimulai pukul 10.30 menjadi 11.00. Dikatakan Herwanto, pemadaman listrik saat pelaksanaan UNBK bukan baru terjadi tahun ini saja di sekolahnya melainkan dari tahun lalu. “Ini kali kedua listrik padam, kalau tahun lalu pas sesi 3,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi terjadi gangguan yang sama di tahun depan, Herwanto akan berusaha menyiapkan genset selama pelaksanaan UNBK.

Terpisah, Kepala Disdik Kota Depok Mohammad Thamrin mengatakan bahwa kejadian listrik padam saat UNBK di SMP Islam Al Falah terjadi di luar kemampuan manusia. “Padamnya listrik dikarenakan adanya burung yang menempel di kabel listrik tegangan tinggi, dan akhirnya mati tersengat listrik, ” ucap Thamrin.

Thamrin menuturkan, karena padamnya listrik tersebut pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Depok langsung menangapi dengan memperbaiki aliran listrik tersebut. “satu jam kemudian alhamdulillah normal kembali,” ujarnya.

Kendala pelaksanaan UNBK tersebut, lanjut Thamrin, hanya di SMP Islam Al Falah saja. “Kalau kejadian alam kan diluar kemampuan manusia. Insyaallah selama UNBK aliran listrik aman. Di beberapa sekolah juga mengantisipasi dengan sewa genset,” lanjutnya.

Humas PLN Kota Depok Setiyo Budiono mengatakan, selama pelaksanaan UNBK, PLN Kota Depok sudah mengantisipasi dengan terencana termasuk mati listrik. “Insyaallah tidak akan mengganggu pelaksanaan UNBK sekolah lain karena sudah dilakukan survei lokasi oleh petugas PLN dan dipastikan disekitarnya tidak ada sekolahan yang sedang mengadakan UNBK,” kata Budiono.

Budiono menungkapkan, pada saat pelaksanaan UNBK kemungkinan terjadi mati listrik karena beberapa hal, seperti terjadi gangguan MCB atau Instalasi Sekolah, tanah longsor, pohon tumbang, tiang gardu ditabrak mobil, gangguan burung, dan lainnya. “Padam listrik di area SMP Islam Al Falah itu ganguan burung. Jadi mati listriknya,” ungkapnya.

Petugas PLN khususnya PLN Area Depok, PLN Area Bogor dan PLN Area Gunung Putri, Dikatakan Budiono, selalu siap siaga untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK tingkat SMP. “Sebagaimana yang telah kami laksanakan dan selalu koordinasi dengan Dinas Pendidikan Propinsi Jabar KCD 1 dan KCD 2 untuk sukseskan UNBK tingkat SMA. Jadi kami harap UNBK di Depok dan seluruh kota aman dan lancar,” tutupnya. (cr3)

 

You may also read!

warga sawangan terjaring razia

Ini Isi Perwal Sanksi Protokol Kesehatan Depok, Tidak Pakai Masker Bisa Denda Rp 250 Ribu

TERJARING : Sebanyak 45 orang warga Kecamatan Sawangan, terjaring razia masker yang dilakukan Satuan Polisi

Read More...
polres metro depok unik

Berpakaian Daerah Hingga Super Heri, Cara Polres Metro Depok Ingatkan Warga

UNIK : Polres Metro Depok mengadakan sosialisasi protokol kesehatan dengan mengenakan pakaian daerah dan unik

Read More...
ilustrasi penemuan obat korona

Import Case Jadi Biang Kerok Penyebaran Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Penyebaran Covid-19 di Kota Depok belum berhenti. Penyebab penyebaran Covid-19 berasal dari

Read More...

Mobile Sliding Menu