Beranda Pendidikan UNBK Tentang Kejujuran SMK Putra Bangsa Depok

UNBK Tentang Kejujuran SMK Putra Bangsa Depok

0
UNBK Tentang Kejujuran SMK Putra Bangsa Depok
PEBRI/RADAR DEPOK UJIAN: Siswa SMK Putra Bangsa sedang melaksanakan UNBK hari kedua, Selasa (3/4).
PEBRI/RADAR DEPOK
UJIAN: Siswa SMK Putra Bangsa sedang melaksanakan UNBK hari kedua, Selasa (3/4).

DEPOK – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tidak hanya sekedar tentang bagaimana mengerjakan soal dan mendapatkan nilai yang baik. Tetapi, menurut Ketua Panitia UNBK di SMK Putra Bangsa, Ririn Kusrini berpendapat, ada juga pembelajaran tentang kejujuran dan kepercayaan diri siswa.

Ririn menjelaskan, pasalnya sebelum atau saat pelaksanaan UNBK, banyak orang-orang yang menyebarkan kunci jawaban UNBK. Padahal, kunci jawaban tersebut tidak bisa dipastikan kebenarannya, dan terkadang malah menjerumuskan siswa.

“UNBK adalah kejujuran, apalagi SMK Putra Bangsa sudah mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud sebagai sekolah yang berintegritas dalam pelaksanaan UNBK,” ucapnya kepada Radar Depok.

Ririn menuturkan, oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya harus didukung dengan persiapan yang matang pula. Mulai dari pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran dengan mengadakan pelatihan mengerjakan soal, dan juga penguatan mental siswa, agar bisa mengerjakan soalnya dengan mandiri.

“Tidak hanya sekedar menciptakan siswa pintar, tetapi juga karakter siswa yang berkualis sebagai modal mereka dalam menjalani kehidupan,” tuturnya.

Ririn menjelaskan, tahun ini siswa kelas XII di SMK Putra Bangsa yang ikut UNBK ada 205 siswa. Mereka dibagi di empat ruangan, dengan pembagian dua sesi untuk waktu pelaksanaannya. Pengawasnya dilakukan dengan sistem silang, yakni empat pengawas di SMK Putra Bangsa adalah guru dari SMK Citra Negara, dan empat guru dari SMK Putra Bangsa mengawas di SMK Citra Negara.

“Dengan pengawas dari sekolah lain, tentunya akan lebih ketat dan siswa tidak bisa berbuat hal yang tidak diharapkan,” katanya. (peb)