Beranda Satelit Depok Warga Belum Setujui BTS di Beji Depok

Warga Belum Setujui BTS di Beji Depok

0

DEPOK – Rencana pembangunan tower provider atau menara BTS (Base Transceiver Station) di lingkungan RT04/13 Kelurahan/Kecamatan Beji, masih menghadapi pro dan kontra dari warga.

“Belum ada keputusan atau kesepakatan antara warga dengan pihak Telkomsel. Sampai beberapa kali pertemuan, kita belum bisa pastikan,” ungkap Ketua RW13, Kelurahan Beji, Iskandar didampingi Ketua RT04/13, Arifin usai pelaksanaan musyawarah antara warga dengan pihak Telkomsel di Majelis Taklim Riyadul Jannah, kemarin.

Bagi Iskandar, pertemuan ini sangat penting, karena berjalannya rencana pembangunan BTS merupakan keputusan warga, khususnya yang akan terdampak secara langsung, yakni yang berjarak sekitar 32 meter dari lokasi pendirian.

“Yang terkena dampak langsung sesuai dengan ketinggian BTS, yakni 32 meter sebanyak 33 kepala keluarga. Mereka diminta bisa menghadiri pertemuan, agar jangan sampai saat nanti warga yang lain menyetujui, pihak RT atau RW akan disalahkan,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, warga juga diminta menyampaikan aspirasinya masing-masing secara langsung. Hal itu menjadi catatan, untuk kemudian dibahas di perusahaan provider yang akan membangun dan memasang jaringan di lokasi tersebut.

Masih pro dan kontranya rencana pembangunan, lanjutnya, sebuah hal yang lumrah. Karena itulah, diadakan agar ada titik temu yang tidak merugikan, terutama warga.

“Koordinasi adalah jalan yang terbaik. Intinya pengurus lingkungan RT dan RW menyerahkan keputusan kepada warga. Kalau setuju silakan, kalau tidak juga silakan. Tidak ada paksaan,” katanya.

Dari pertemuan tersebut terangkum beberapa poin, diantaranya permintaan kompensasi per KK senilai Rp1,5 juta. Selain itu, perusahaan juga diminta untuk membantu sejumlah pembangunan infrastruktur kebutuhan lingkungan, dan semua itu harus tertulis.

“Silakan warga sampaikan apa yang mereka mau. Kalau untuk pengurus lingkungan, tentunya kami mengajukan untuk kebutuhan lingkungan, seperti pembangunan sekretariat RW, masjid, jalan lingkungan, hingga majelis taklim,” katanya.(irw)