Beranda Satelit Depok Warga Binaan P2WKSS Mulai Dilatih

Warga Binaan P2WKSS Mulai Dilatih

0
Warga Binaan P2WKSS Mulai Dilatih
IST FOR RADARDEPOK BIAR KREATIF: Kaum perempuan di lokasi P2WKSS sedang membuat olahan pangan.
IST FOR RADARDEPOK
BIAR KREATIF: Kaum perempuan di lokasi P2WKSS sedang membuat olahan pangan.

DEPOK – Sebanyak 120 warga binaan Program Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) RW05 dan 06, Kelurahan Ratujaya, Cipayung, mulai mendapat pelatihan pengolahan makanan.

Dengan pelatihan yang diberikan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, diharapkan akan membuat warga semakin mandiri secara ekonomi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan petani marginal di lokasi P2WKSS. Sasarannya 120 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok,” ujar Kepala Seksi Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKPPP, Agus Triyuwono di Kantor Kelurahan Ratujaya.

Dalam kegiatan tersebut, pihak DKPPP mengundang beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Dengan harapan, pesan yang disampaikan bisa diterima oleh warga binaan dan bisa menjadi usaha sampingan ke depannya.

“Pengolahan makanan beragam, seperti pengolahan makanan dari unsur hewani maupun dari hasil tani. Kami undang narasumber dari peternakan Bogor, Balai Besar Olahan Hasil Pertanian dan sebagainya,” katanya.

Adapun beberapa olahan yang sukses dipraktikkan antara lain, nugget ikan, siomay, bakso, bawang merah goreng, manisan cabai dan saos sambal.

“Alhamdulillah, sejauh ini antusias warga cukup tinggi. Pelatihan ini dimulai sejak 2-10 April dan 30 April. Mudah-mudahan, peserta bisa mempraktikkan dan menjadikan olahan tersebut menjadi usaha sampingan,” harapnya.

Salah seorang warga binaan P2WKSS, Irma Rahayu sangat bersyukur wilayahnya terpilih menjadi lokasi P2WKSS.

Menurutnya, berbagai pelatihan yang dia dapat sangat bermanfaat untuk bekal memulai usaha.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, yang tadinya kita ibu rumah tangga biasa, sekarang bisa memulai usaha untuk menambah penghasilan. Kami sebagai warga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Depok,” ujarnya. (dra)