IST FOR RADARDEPOK BEKAL: Para pengurus koperasi se-Kota Depok mendapatkan pembekalan dalam Diklat Kelembagaan Koperasi yang diselenggarakan DKUM Kota Depok dari tanggal 2 sampai 4 Mei 2018 di Puri Avia, Bogor.
IST FOR RADARDEPOK
BEKAL: Para pengurus koperasi se-Kota Depok mendapatkan pembekalan dalam Diklat Kelembagaan Koperasi yang diselenggarakan DKUM Kota Depok dari tanggal 2 sampai 4 Mei 2018 di Puri Avia, Bogor.

DEPOK – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, menyelenggarakan diklat Kelembagaan Koperasi, selama tiga hari. Peserta yang terlibat seluruh pengurus koperasi se-Kota Depok berkumpul di Puri Avia, Bogor.

Kepala DKUM Kota Depok, M Fitriawan mengatakan, diklat melibatkan sebanyak 150 pengurus koperasi. Diharapkan para pengurus koperasi memahami hak dan kewajiban berkoperasi.

Menurutnya, bentuk pemahaman kewajiban bagi pengurus koperasi adalah dengan menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta membuat RAT sesuai standar aturan. “RAT merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan,” beber dia kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Semakin banyak anggota yang terlibat, sambung Fitriawan, maka akan semakin baik dan dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi. Karena salah satu bahasan yang dibahas, adalah laporan keuangan tahun anggaran sebelumnya dan rencana bisnis kedepan. “Penyelenggaraan RAT bukti bahwa pengurus bertanggungjawab dan transparan dalam mengelola koperasi. Selain itu, RAT juga sebagai ajang dalam mengevaluasi perjalanan koperasi,” katanya.

Dia juga berharap, di 2018 semua koperasi di Kota Depok menyelenggarakan RAT. Pihaknya juga akan terus memantau, serta mengingatkan bagi koperasi yang sudah melakukan RAT. Agar nantinya memasukan hasil rapat tersebut ke data sistem koperasi yang ada di pihaknya.

“RAT sangat penting lantaran bisa menjadi media dan sarana untuk berkonsolidasi semua anggota maupun koperasi untuk mengetahui perkembangan maupun kondisi suatu koperasi,” tandasnya.

Terpisah, pengurus koperasi, Syarian Madani Khomeidi mengatakan, kalau kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pengurus koperasi.

Melalui kegiatan ini para pengurus mendapatkan banyak wawasan terutama soal hak dan kewajiban dalam berkoperasi salah satunya adalah menggelar RAT.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya secara pribadi memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras para pimpinan DKUM dan panitia dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut,” katanya. (irw)