INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK KERJA SAMA: Anggota Pokdarkamtibmas Kelurahan Cilodong sedang membuat pos pantau Ramadan di tepi Jalan M. Nasiriah.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
KERJA SAMA: Anggota Pokdarkamtibmas Kelurahan Cilodong sedang membuat pos pantau Ramadan di tepi Jalan M. Nasiriah.

Menjelang datangnya bulan puasa, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, melakukan serangkaian persiapan untuk mengamankan wilayahnya. Salah satunya dengan membuat pos pantau Ramadan di tepi Jalan M. Nasiriah.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di dalam sebuah bangunan posko yang berukuran cukup megah dengan bangku dan meja seadanya, tampak sekitar lima orang anggota Pokdarkamtibmas Kelurahan Cilodong sedang bahu-membahu mengerahkan seluruh kreativitas mereka untuk membuat peralatan penunjang tugas mereka dalam melakukan pemantauan keamanana di Pos Pantau Ramadan yang mereka buat dengan tangan sendiri secara swadaya.

Mereka menggunakan bambu dan kayu sederhana untuk membuat bangku dan meja.

Seorang pengurus Pokdar Kelurahan Cilodong, Yusuf mengatakan, pos pantau tersebut sudah siap dan rampung untuk dipakai dalam rangka mengamankan lingkungan mereka. “Pembuatan pos pantaunya hanya membutuhkan waktu dua hari,” ujar Yusuf.

Nantinya akan ada sekitar 20 orang anggota pokdar yang berjaga di pos pantau tersebut.

Di tempat yang sama, Berry Sutardi yang juga pengurus Pokdarkamtibmas Kelurahan Cilodong mengatakan, nantinya para anggota pokdar bersama–sama ketua lingkungan setempat akan mulai melakukan pemantauan sejak hari Selasa (15/2) hingga Lebaran.

“Waktu pemantauanya mulai dari jam delapan malam hingga jam delapan pagi,” sambungnya.

Sebenarnya mereka sudah memiliki pos pantau rutin di sekitar Kantor Kelurahan Cilodong, namun mereka merasa perlu menambah pos pantau lagi agar dapat mengamankan seluruh wilayah Kelurahan Cilodong.

“Kalau kamtibmas di sini kondusif–kondusif saja. Namun kami ingin meningkatkan kewaspadaan saja agar warga masyarakat bisa merasa lebih aman,” tuturnya.

Lurah Cilodong, Nyoman Budiarsa mengapresiasi sigapnya jajaran Pokdarkamtibmas Kelurahan Cilodong dalam menjaga kamtibmas.

Dengan hadirnya posp pantau Ramadan yang baru tersebut menambah rasa aman bagi warga, dan Kelurahan Cilodong merasa senang dapat bersinergi bersama pokdar dalam melaksanakan pengamanan wilayah.

“Adanya pos pantau ini merupakan kepedulian teman–teman anggota pokdarkamtibmas dalam memelihara kamtibmas di Cilodong,” kata Nyoman. (*)