INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK BERLENGGAK–LENGGOK: Kader PKK Kelurahan Cipayung ber-cat walk layaknya model profesional.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
BERLENGGAK–LENGGOK: Kader PKK Kelurahan Cipayung ber-cat walk layaknya model profesional.

DEPOK – Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, yang selama ini rutin melakukan kegiatan penyuluhan ke masyarakat, tampil beda dengan dandanan cantik berkebaya.

Penampilan para kader yang tampak anggun tersebut mampu memukau warga yang hadir dalam lomba fashion show memperingati Hari Kartini dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kota Depok.

“Lomba fashion show kebaya, pesertanya kader PKK dari 11 RW yang ada di Kelurahan Cipayung. Masing-masing RW mengirim satu peserta,” ujar Ketua PKK Kelurahan Cipayung, Murdiana.

Selain peserta harus berkebaya, panitia mewajibkan bagi pendukung peserta lomba untuk mengenakan kebaya. Hal ini dilakukan agar suasana keakraban semakin terasa dan timbul rasa memiliki antara RW satu dan lainnya.

“Seluruh pedukung wajib juga mengenakan kebaya. Kami juga beri syarat kepada peserta untuk menggunakan kebaya yang ada di rumah dan dilarang menyewa. Ini agar tidak membebankan peserta,” katanya.

Dari 11 peserta lomba yang berpartisipasi, panitia akan memilih juara 1,2 dan 3 serta juara harapan 1, 2 dan 3. Untuk hadiah, panitia telah menyiapkan piala dan perlengkapan rumah tangga yang tentunya bermanfaat seperti seprai, handuk dan sebagainya.

“Makna dari perlombaan ini adalah bagaimana kita menghormati jasa pahlawan, terutama perjuangan Kartini pada masanya. Saat ini banyak kegiatan yang diisi oleh kaum perempuan yang menandakan ini zamannya emansipasi wanita. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memacu semangat para kader untuk tulus melayani masyarakat,” tandas Murdiana.

Salah seorang peserta dari RT04/01, Maryamah, mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi lomba ini. Dirinya mengaku ikut serta, agar bisa meramaikan acara sehingga berlangsung lebih meriah.

“Tidak ada persiapan khusus, dandan juga sendiri tidak pakai salon. Yang penting untuk meramaikan saja. Kalau menang ya alhamdulillah,” katanya. (dra)