INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK KOORDINASI: Lurah Tugu, Abdul Mutolib (kiri) sedang berbincang dengan petugas kepolisian terkait koordinasi keamanan lingkungan Kelurahan Tugu.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
KOORDINASI: Lurah Tugu, Abdul Mutolib (kiri) sedang berbincang dengan petugas kepolisian terkait koordinasi keamanan lingkungan Kelurahan Tugu.

DEPOK – Kelurahan Tugu, Cimanggis, melakukan berbagai upaya untuk memerangi aksi terorisme. Salah satu upaya dengan menjalin sinergitas bersama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), serta Bintara Pembina Desa (Babinsa), RW, RT, dan warga agar selalu siaga dan waspada terhadap sesuatu yang mencurigakan serta berpotensi mengganggu keamanan lingkungan.

“Kami terus bersinergi dan mengingatkan keamanan dan kenyamanan serta mengajak masyarakat untuk tetap waspada terhadap gerak-gerik orang asing yang mencurigakan di wilayah kami,” tutur Lurah Tugu, Abdul Mutolib.

Dirinya menuturkan, pihaknya juga sudah memberikan imbauan kepada RT dan RW untuk melakukan pendataan penduduk pendatang. Hal tersebut dimaksdkan  untuk meminimalisir masuknya orang tak dikenal yang akan berbuat kejahatan di wilayah Kelurahan Tugu.

Selain itu, pihaknya pun menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian yaitu Brimob. Mereka rutin mendatangi kantor kelurahan untuk memberikan informasi seputar situasi keamanan yang ada di wilayah Tugu.

“Komunikasi dengan pihak kepolisian sudah terjalin, kami bersama warga Tugu siap memberikan informasi kepada pihak Brimob bila ada hal-hal yang mencurigakan,” terangnya.

Terakhir, Abdul Mutolib berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan peduli terhadap lingkungan. Terutama bagi orang tidak dikenal yang keluar masuk di lingkungan warga.

“Kalau warga nggak peduli dengan lingkungan sendiri, lalu siapa yang mau menjaga. Keamanan dan ketertiban tugas dan tanggung jawab kita semua,” ujar dia. (dra)