Medsos Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Kota Depok

In Metropolis
IRWAN/RADAR DEPOK
BIMTEK : Disporyata Depok mengelar Bimtek untuk mengembangkan objek wisata di Kota Depok, kemarin.

DEPOK – Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, menilai media sosial (Medsos) bisa meningkatkan tempat objek wisata khususnya di Depok.

Kepala Disporyata Kota Depok, Wijayanto mengatakan, khusus objek wisata ini di Depok yang mengembangkan warganya. Contohya, datang dan memfoto dan mengaplodnya di media sosial, sehingga masyarakat yang melihat ingin tahu dan datang.

“Peran masyarakat dan medialah yang bisa mengembangkan wisata daerah khusus di Depok,” kata Wijayanto pada kegiatan Bimbingan Teknis Pemasaran Pariwisata Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakn oleh Kementrian Pariwisata di Jalan Margonda, pada Rabu (9/5).

Dia mengatakan, masyarakat bisa memasarkan detinasi di Jawa Barat khususnya di Depok, jika ada kolaborasi maka bisa meningkatkan pariwisata di wilayah. Meski begitu, Depok terbatas dengan potensi wisata. Sebab, ini bukan daerah pergunungan, ada sungai tapi kalah dengan sungai di wilayah lainnya.

“Kami rasa wisata Depok bisa menang jika mengambil tematiknya dan temanya, seperti sungai Ciliwung dengan edukasi wisata berkemping,” bebernya.

Wijayanto menyebutkam, destinasi wisata Depok bisa mencapai satu juta tiap tahunya.

Bahkan, Tapi lebih condong ke kunjungan wisata kuliner dan belanja. Dalam hal ini, Pemkot Depok terus mengembangkan potensi pariwisata untuk menarik para wisatawan datang berkunjung ke tempat wisata tersebut.

“Kita ini (Depok) memiliki empat potensi wisata yaitu wisata alam, wisata buatan, wisata budaya dan wisata pendidikan. Kami semakin serius mengembangkan empat potensi wisata tersebut,” bebernya.

Dia mengatakan, keempat potensi tersebut masih dapat dikategorikan antara lain wisata alam dengan adanya 22 situ di Depok dan wisata Sungai Ciliwung.

Sedangkan untuk wisata buatan di Depok ada Dkandang Amazing Farm, Godong Ijo, Masjid Kubah Emas, Taman Doa GPI Kamboja, taman rekreasi air seperti Depok Fantasi Park dan batik khas Depok dan masih banyak lagi.

Selain itu Kota Depok juga memiliki wisata kebudayaan seperti Sanggar Seni Ayodya Pala, Sanggar Larasati.

Tempat wisata lainnya yang berkaitan dengan kebudayaan seperti Rumah Cimanggis, Old House yang ada di dalam Margo City.

“Kedepan juga kami akan mengembangkan wisata sejarah di Jalan Pemuda, kita tahu di jalan tersebut banyak rumah-rumah peninggalan yang bersejarah. Kami sudah memiliki kajiannya, mudah-mudahan bisa terlaksana,” jelasnya.

Anggota DPR RI, Nuroji menambahkan, potensi wisata yang perlu dikembangkan misalnya wisata budaya, misata religi atau ziarah, wisata agro, dan juga wisata kuliner serta banyak lagi yang lainnya.

“Kita ini tidak punya pantai, gunung dan alam lainnya. Jadi seharusnya fokus pada wisata non alam yang harus dikembangkan,” katanya.

Ia mencontohkan Bandung yang mempunyai ciri khas dengan wisata kulinernya, dan terkenal dengan mode-mode yang selalu menjadi contoh secara nasional. “Kami harap Depok bisa berkembang dengan wisatanya, “katanya. (irw)

 

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu