FOTO: Handayani
FOTO: Handayani

DEPOK – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dinilai memberi pengaruh yang mendasar terhadap sistem pembiayaan pelayanan kesehatan.

Program JKN-KIS telah memberikan akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Program JKN-KIS merupakan salah satu program yang dicanangkan Pemerintah sebagai salah satu jaminan sosial, untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Sebagai salah satu program strategis nasional, program JKN-KIS terus dikembangkan oleh BPJS Kesehatan sebagai lembaga Pengelola program JKN-KIS agar program JKN-KIS dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh penduduk.

Handayani, salah satu peserta JKN-KIS yang beralamat di Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, mengatakan bahwa pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan semakin baik dengan hadirnya program JKN-KIS.

Handayani mengungkapkan bahwa ia telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk melakukan pengobatan dan ia selalu memperoleh pelayanan kesehatan yang sangat baik.

“Saya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak tahun 2014. saya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama di Puskesmas Sukmajaya Depok. Saya telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS saya untuk melakukan pengobatan dan selama menjalani pengobatan, dan saya memperoleh pelayanan yang sangat baik,” ungkap Handayani.

Handayani mengungkapkan bahwa program JKN-KIS sangat bermanfaat. Ia pun mengajak semua masyarakat agar segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS. “Biaya untuk berobat sangat mahal dan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS merupakan solusinya”, tutup Handayani. (irw)