IMMAWAN/RADAR DEPOK RAMAI: Suasana Pasar Tumpah yang berada di Jalan H. Ahmad 1, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji.
IMMAWAN/RADAR DEPOK
RAMAI: Suasana Pasar Tumpah yang berada di Jalan H. Ahmad 1, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji.

Sebutan Bulan Penuh Berkah memang layak disematkan pada Bulan Ramadan. Karena, tidak hanya menjanjikan imbalan pahala yang berlipat bagi manusia yang beramal saleh, Ramadan turut memberi ladang rejeki bagi masyarakat.

Laporan : Immawan Zulkarnain

Menjelang sore, ratusan manusia mengular puluhan meter. Dari yang berjalan kaki, sampai yang mengendarai motor, menyisir lapak-lapak penjual takjil di sepanjang Jalan H. Ahmad 1, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji.

Sudah menjadi rutinitas setiap hari di Bulan Ramadan, warga sekitar untuk menggelar pasar tumpah yang menjajakan menu takjil untuk santapan berbuka puasa.

Penjual es cincau, Dodi (21), mengatakan, ini pengalaman pertamanya berjualan di bulan puasa di sekitar Pintu Kutek, sebutan umum lokasi tersebut.

Ia mengaku, pendapatanya di luar Bulan Ramadan, biasanya dengan jam jualan penuh sampai jam 9 malam, hanya menyentuh angka Rp200 ribu. Namun di hari puasa pertama ini, omzetnya mampu mencapai angka Rp400 ribu

“Padahal waktu baru memasuki waktu magrib atau berbuka puasa. Jadi, masih ada banyak waktu sampai malam,” katanya.

Keterangan senada juga disampaikan oleh penjual bubur sumsum, Umi Atih (45)  yang mengaku telah berjualan dilokasi tersebut selama 20 tahun.

Umi menceritakan, dia telah berjualan disitu jauh sebelum banyak bangunan tinggi tempat kos mahasiswa seperti sekarang. Katanya, di bulan puasa seperti sekarang, ia telah membuka cabang bubur sumsum di sembilan titik.

“Mereka tersebar disekitar Kantor Kelurahan Kukusan, puskesmas, dan Lapangan HW,” katanya.

Umi mentakan, meskipun area berjualan semakin sempit setelah banyak pengelola tempat kos yang melarang berjualan di depan bangunannya, ia bersukur masih bisa mendapat omzet 150% lebih besar dari hari-hari diluar Bulan Ramadan. Kalau di hari biasa mentok Rp200ribu, di hari pertama puasa ini ia mengaku meraih Rp300rb.

“Alhamdulilillah. Memang bulan Ramadan penuh berkah,” tutupnya.(*)