DICKY/RADARDEPOK BERSIHKAN: DLHK Kota Depok, bersama dengan aparatur kelurahan dan pengurus lingkungan RW04, saat membersihkan sampah liar di Jalan Mawar RW4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
BERSIHKAN: DLHK Kota Depok, bersama dengan aparatur kelurahan dan pengurus lingkungan RW04, saat membersihkan sampah liar di Jalan Mawar RW4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, kemarin.

DEPOK – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, kembali melaksanakan pembersihan sampah liar. Kemarin, DLHK Kota Depok bersama dengan aparatur kelurahan dan pengurus lingkungan RW4, membersihkan sampah liar di jalan Mawar, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

Koordinator Pengawas DLHK Kecamatan Sawangan, Hamzah mengatakan, untuk menjaga Piala Adipura yang telah diraih Kota Depok, DLHK Kota Depok rutin melaksanakan pengawasan dalam meminimalisir sampah liar. Selain memberikan pengawasan, setiap ditemukan sampah liar DLHK Kota Depok segera melaksanakan pembersihan.

“Kami melaksanakan pembersihan sampah liar di Jalan Mawar Pasir Putih,” ujar Hamzah kepada Radar Depok, kemarin.

Hamzah menjelaskan, sampah liar yang berada di Jalan Mawar dilakukan oknum pembuang sampah liar. Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan pengurus lingkungan dan kelurahan untuk melaksanakan pembersihan sampah liar. Hasilnya, sampah liar sebanyak satu truk telah dibersihkan dan meminta pengurus lingkungan untuk membantu dalam pengawasan.

Tidak hanya itu, lanjut Hamzah DLHK Kota Depok telah memasang spanduk tentang larangan membuang sampah sembarang. Pihaknya juga akan terus melakukan pengawasan diwilayah Kecamatan Sawangan. Apabila oknum pembuang sampah liar didapatkan tengah membuang sampah, pihaknya akan melakukan penangkapan.

“Nantinya yang tertangkap akan dilakukan pendataan dan diberikan sanksi berupa Tipiring,” terang Hamzah.

Sementara itu, Lurah Pasir Putih, Ahmad Rifai mengapresiasi DLHK Kota Depok yang telah membantu melakukan pembersihan sampah liar di Jalan Mawar. Dia meminta, masyarakat tidak membuang sampah sembarang. Menurutnya, tumpukan sampah liar dapat memicu terjadinya penyakit berbasis lingkungan.

“Rencananya setelah dibersihkan akan ditanami tanaman oleh pengurus lingkungan,” tutup Rifai. (dic)