PEBRI/RADAR DEPOK KEBAIKAN: Siswa-siswa SDN Cinangka 2 saat membaca buku bersama-sama dalam menerapkan Program Literasi.
PEBRI/RADAR DEPOK
KEBAIKAN: Siswa-siswa SDN Cinangka 2 saat membaca buku bersama-sama dalam menerapkan Program Literasi.

DEPOK– Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tidak hanya meriah di halaman Balaikota Depok, tetapi juga terasa di SDN Cinangka 2. SDN yang berlokasi di Jalan Nusa Indah RT1/2, Kecamatan Sawangan mengadakan gerakan nasional membaca buku yang dilakukan oleh siswa-siswanya.

Kepala SDN Cinangka 2, Idawati mengatakan, kegiatan membaca buku tersebut sebenarnya tidak hanya sekedar menjadi pengisi di kegiatan Hardiknas saja, tetapi juga memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya, dalam menerapkan Program Literasi di sekolah.

“Kegiatannya dilaksanakan siswa dari kelas I sampai VI, totalnya ada 490 siswa,” ucapnya kepada Radar Depok.

Penerapan Porgram Literasi, tentunya untuk peningkatan mutu sekolah, dan caranya adalah membuat pembiasaan yang baik untuk siswa, dan ini adalah pembiasaan siswa untuk gemar membaca buku. Semua itu tentunya sudah harus dibentuk sejak dini, karena membentuk kebiasaan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Siswa diajarkan tentang bagaimana kebiasaan-kebiasaan yang baik, sehingga siswa terbiasa untuk melakukan hal positif,” katanya.

Idawati menjelaskan, tidak hanya sekedar literasi saja, tetapi ada juga pembentukan kebiasaan yang baik lainnya, yakni Salat Duha bersama yang sudah dilaksanakan beberapa tahun belakangan ini. Semua itu dilakukan untuk menghasilkan siswa yang berkualitas pada saat lulus nanti.

“Semoga bisa menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap SDN Cinangka 2, dengan programnya yang mengarah pada kebaikan siswa,” terangnya. (peb)