DICKY/RADARDEPOK NORMALISASI: Alat berat milik DPUPR Kota Depok sedang menormalisasi Situ Tujuh Muara, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
NORMALISASI: Alat berat milik DPUPR Kota Depok sedang menormalisasi Situ Tujuh Muara, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terus berupaya dalam menjaga situ di Kota Depok menjadi daerah resapan air dan mencegah terjadinya pendangkalan. Kemarin, DPUPR Kota Depok melaksanakan normalisasi di Situ Tujuh Muara, Kecamatan Bojongsari.

Kabid Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, upaya normalisasi situ yang ada di Kota Depok terus dilakukan. Sebelumnya, DPUPR Kota Depok telah melaksanakan normalisasi Situ Pak Keling yang mengalami pendangkalan, sehingga dilakukan normalisasi dengan melakukan pengerukan.

“Kami melanjutkan kembali dengan melakukan normalisasi di Situ Tujuh Muara Kecamatan Bojongsari,” ujar Citra kepada Radar Depok, kemarin.

Citra menjelaskan, DPUPR Kota Depok menurunkan satu alat berat dalam menormalisasi situ yang banyak dikunjungi masyarakat untuk memancing. Alat berat tersebut nantinya akan digunakan untuk mengangkat tanah maupun lumpur yang menyebabkan pendangkalan. Selain itu, pihaknya secara perlahan membersihkan gulma maupun tanaman eceng gondok yang tumbuh diatas permukaan air situ.

Baca Juga  Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Tidak hanya itu, lanjut Citra masyarakat diminta ikut menjaga dan merawat Situ Tujuh Muara, salah satunya tidak membuang sampah disekitar situ. Dia melihat, tidak sedikit ditemukan sampah disekitar situ sehingga secara tidak langsung mempengaruhi kelestarian situ.

“Kami juga mengapresiasi masyarakat yang telah menjaga dan merawat situ Tujuh Muara,” tutup Citra. (dic)