IRWAN/RADAR DEPOK MEMBUKA: saat membuka festival lomba model DPD KNPI Depok 2018 di salah satu pusat belanja di Jalan Margonda, Kecamatan Beji, Minggu (13/5).
IRWAN/RADAR DEPOK
MEMBUKA: saat membuka festival lomba model DPD KNPI Depok 2018 di salah satu pusat belanja di Jalan Margonda, Kecamatan Beji, Minggu (13/5).

DEPOK – Hampir sukses dengan Kota Layak Anak (KLA), dengan raihan kategori Nindiya. Kedepan, Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga budan dan Pariwisata Disporyata, akan mencanangkan membentuk Kota Layak Pemuda (KLP). Pembentukan KLP ini berdasarkan Peraturan Menteri dan Pemuda Olahraga (Pemenpora) No.11 Tahun 2017.

Kabid Pembinaan Kepemudaan Disporyata Kota Depok, Sandi Syamsurizal mengatakan, adanya KLP ini sebagai upaya pemberintah memberikan pelayanan bagi para pemuda.

Yakni dengan berupa kebijakan, program, dan kegiatan. Tujuanya untuk menjamin terpenuhuinya hak pemuda.

“Tentu ini bentuk dari  urusan wajib pemerintah non pelayanan dasar bagi daerah kabupaten dan kota,” kata Sandi, kepada Radar Depok usai membuak festival model DPD KNPI Depok dengan tema berbusana muslim dan berbudaya, di salah satu pusat belanja, Minggu (13/5) kepada Harian Radar Depok. 

Wacana ini terus digulirkan oleh Pemkot Depok dengan membangun beberapa taman di kota ini. Nanti kedepan, tempat lokasi taman khusus untuk pemuda seperti apa dan lainya.

“Masih tahapan sosialisasi, sudah mulai dicicil program KLP,” kata dia.

Namun dalam hal tersebut, pihaknya masih fokus kepada Kota Layak Anak (KLA). Sebab, anak cikal bakal anak muda, untuk itu dibina mulai sejak dini.

Contohnya, anak di usia dini diberikan edukasi tentang budaya asli Indonesia dengan berbagai kegiatan yang mengarah pada budayanya negeri ini.

Pasalnya, jaman anak now atau milenia cendrung mengikuti budaya luar negeri. Sebagai abdi negara Pemkot Depok memberikan fasilitas.

Lalu berbagai stekholder pun ikut membantu menjaga generasi milenia ini supaya tidak lupa budaya aslinya.

“Di mulai dari anak usia dini, pastinya orang tua terus mendukung dan mengeskplor soal budaya-budaya di negeri ini. Khususnya di Kota Depok,” bebernya.

Selain itu juga, pihaknya menjemput bola untuk memberikan pemahaman soal negara kepada pemuda di Depok.

“Kami mengarah kepada sekolah dan komunitas memberikan penyuluhan. Tentu kami bekerjasama dengan TNI-Polri,” kata dia.

Menangapi hal ini, Ketua DPD KNPI Depok, Boby Parlindungan Harahap mengapresiasi langkah Pemkot Depok mewacanakan KLP.

Sebab adanya KLA, anak muda di Depok bisa melakukan kegiatan positif. “Kami sebagai wadah pemuda, KNPI mendukung penuh,” kata Boby.

Menurut dia, pemuda di Depok harus kreatif dan berkarya membangun kota ini.

“Melihat kondisi pergaulan, kami harap dengan adanya KLP bisa mengurangi aksi negatif yang dilakukan anak muda di Depok,” bebernya.(irw)