Beranda Metropolis Agustus Fisik Alun-Alun Kota Depok Digarap

Agustus Fisik Alun-Alun Kota Depok Digarap

0
Agustus Fisik Alun-Alun Kota Depok Digarap
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK LAHAN ALUN-ALUN : Warga sedang berada di kawasan lahan yang akan dibangun Alun-Alun Kota Depok di Grand Depok City, Cilodong, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
LAHAN ALUN-ALUN : Warga sedang berada di kawasan lahan yang akan dibangun Alun-Alun Kota Depok di Grand Depok City, Cilodong, kemarin.

DEPOK – Alun-alun Kota Depok seluas 3,6 hektar akan segera dibangun Agustus mendatang. Kepastian itu setelah adanya pemenbang lelang dengan menelan dana anggrapan pendapatan belanja daerah (APBD) 2018 sebesar Rp33,6 miliar.

Kepala Dinas Perumakan dan Permukiman (Disrumkim) Depok, Dudi Miraz mengatakan, pembebasan lahan untuk alun-alun sudah diserahkan ke bagian aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok. Luas lahan yang diperuntukan untuk alun-alun kurang lebih 3,6 hektar. Pembebasan lahan tersebut dilakukan pada 2017.

“Sudah dibebaskan tahun lalu, sekarang proses pembangunan fisik direncanakan bulan ke delapan sudah mulai dikerjaan untuk tahap pertama,” kata Dudi kepada Harian Radar Depok di ruanganya, Senin (25/6).

Pembangunan tahap pertama alun-alun, masuk dalam program Pembangunan dan penataan serta ruang terbuka hijau. Kata dia, tahapan pembangunan tahap pertama ini sudah ada DED, dan pemenang tender sudah ada sebelum Ramadan tahun ini. “Nilai pagu tahapan pembangunan pertama alun-alun mencapai kurang lebih Rp 33, 6 miliar,” jelas mantan Kasatpol PP Kota Depok ini.

Kasi Pembangunan Gedung Pemerintah dan Fasilitas Publik Disrumkim Depok, Sriyanto menambahkan, pembangunan fisik alun-alun tahap pertama pihaknya sedang konsilidasi persiapan pembangunan. “Juli sudah tanda tangan kontrak pihak ke tiga yang mengerjakan pembangunan fisik alun-alun,” kata Sriyanto didampingi Kadisrumkim.

Pembangunan tahap kedua akan dikerjakan pada 2019. Tentunya, pelaksaan akan dilakukan tender kembali, karena pembangunan alun-alun ini dua mata anggaran yang terpisah. “Anggaran tahap kedua ini pastinya belum ada berapa jumlahnya,” ucap dia.

Terpisah, Anggota Komisi C DPRD Kota Depok Azhari mengatakan,  untuk pembebasan lahan alun-alun dianggaran 2017 dan sudah selesai.

“Lahan sudah dibebaskan 2017. Itu bagian dari aset pengawasnnya ada di Komici A,” kata Azhari.

Dalam tahapan pembangunan ini akan diawasi oleh Komisi C, dimana ada dua tahapan pembangunan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Kota Depok oleh pihak ketiga. “Tapi rencana pembngunan alun-alun  direncanankn selesai 2019,” ucap dia.

Adanya pembagunan alun-alun Kota Depok, disambut baik warga Depok. Salah satunya Destri Mulyati warga Kelurahan Depok.

Ia mengatakan, selama tinggal di Depok tempat kumpul keluarga dan tempat bermain di Depok tidak ada.

Adanya rencana pembagunan alun-alun bisa menjadi tempat kreasi dan hiburan keluarga.

“Di Depok gak ada tempat kreasi keluarga, ada juga lahanya tidak terlalu besar. Saya sebagai warga ucapkan terimakasih atas Pemkot Depok bangun alun-alun,” tutur Destri. (irw)