Uruguay bentrok Rusia pada laga ketiga Grup A Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Senin (25/6) malam pukul 21:00 WIB. Dua tim dari Grup A yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar akan saling berhadapan untuk menentukan juara Grup A.

Rusia tampil mengesankan dengan meraih dua kemenangan atas Arab Saudi dan Mesir, mencetak delapan gol. Dengan demikian mereka sudah menyamai total gol Spanyol saat mereka jadi juara Piala Dunia 2010.

Tim Oscar Tabarez akan menjadi ujian akhir bagi tim Rusia ini, yang jika lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup akan menjadi tantangan serius bagi Spanyol atau Portugal. Meskipun ini hasil dari seluruh tim, kami harus menyebutkan pemain seperti Denis Cheryshev dan Artem Dzyuba yang entah bagaimana menjadi tokoh menonjol dalam skuad asuhan Stanislav Cherchesov. Cheryshev menjadi salah satu top skor turnamen dengan tiga gol setelah dua pertandingan, sementara Dzyuba mengolaksi dua gol.

Di sisi lain, Uruguay hanya berhasil meraih kemenangan tipis melawan Mesir dan Arab Saudi. Luis Suarez mengantongi gol kemenangan dalam penampilannya ke-100-nya untuk tim nasional. Dengan demikian, ia menjadi orang keenam di Uruguay yang mencapai prestasi tersebut dan orang pertama dari negaranya yang mencetak setidaknya satu gol dalam tiga Piala Dunia berbeda.

Dibandingkan dengan Uruguay, Rusia menunjukkan permainan yang lebih baik dalam dua laga sebelumnya. Akan tetapi, Uruguay sangat sulit dikalahkan di bawah Oscar Tabarez. Bek Diego Godin dan Jose Maria Gimenez tidak kebobolan gol dalam lima laga terkininya.

Tuan rumah akan menghadapi masalah serius dengan lini serang mereka, sementara lini belakangnya akan menghadapi duo penyerang mematikan dalam diri Luis Suarez dan Edinson Cavani. Saat masih bernama Uni Soviet, Rusia 6 kali menang atas Uruguay dalam 8 pertemuan terkininya, meskipun Uruguay mengalahkan Rusia di Piala Dunia 1970.(net/hmi)