Beranda Metropolis Dua Lapak, Rumah, dan Mobil di Depok Hangus

Dua Lapak, Rumah, dan Mobil di Depok Hangus

0
Dua Lapak, Rumah, dan Mobil di Depok Hangus
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK LUDES TERBAKAR : Pekerja saat beraktifitas di lapak rongsokan yang hangus terbakar di kawasan Jalan Raya Juanda, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
LUDES TERBAKAR : Pekerja saat beraktifitas di lapak rongsokan yang hangus terbakar di kawasan Jalan Raya Juanda, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, kemarin.

DEPOK – Kebakaran hebat melanda dua lapak barang rongsokan di Jalan Juanda RT3/14, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya, Jumat (22/6/2018) dinihari sekira pukul 02:30 WIB. Beruntung si jago merah tidak menelan korban jiwa, hanya saja kerugian yang diderita pemilik menyentuh ratusan juta.

Salah satu pemilik lapak, Harto mengaku, mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta. Sedangkan lapak rongsok yang berada disebelah lapak milik Harto diperkirakan lebih besar. Pasalnya lapak tersebut lebih besar dari lapak milik Harto.

“Kalau kerugian sepertinya hampir mencapai Rp100 juta. Kalau punya pak Bani yang disebelah itu lebih besar, karena dia masih ada aluminium sebanyak dua ton yang belum dijual. Mungkin bisa Rp 200 juta,” kata Harto kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Harto tidak mengetahui, jika lapaknya menjadi korban keganasan si jago merah. Saat kejadian Harto dan keluarga baru saja tiba di Pelabuhan Merak, pasca mudik dari kampung halamannya di Lampung Selatan.

“Saya dikabarkan adik saya yang perempuan. Waktu itu saya baru sampai di Merak, habis pulang kampung. Dengar kabar langsung buru-buru tancap gas ke rumah,” terang Harto.

Menurutnya, dia tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 05.00 WIB, saat itu 15 unit pemadam kebakaran hampir berhasil memadamkan api. Selain tumpukan plastik yang sudah dipilah, timbangan dan bagian atap rumahnya juga ikut terbakar. “Kalau lapak milik pak Bani kebakarnya lebih parah, karena api berasal dari sana. Di sana juga ada motor sama satu mobil bak. Sepertinya apinya cukup besar, karena atap rumah saya ikut terbakar,” paparnya.

Dalam kejadian tersebut Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok menerjunkan 40 personel untuk memadamkan api, dan membutuhkan waktu lebih dari tiga jam hingga api berhasil dipadamkan pada pukul 06:20 WIB.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana memastikan tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa tersebut. “Luas lahan dua lapak rongsokan yang terbakar cukup luas hingga satu hektar. Karenanya butuh waktu cukup lama untuk memadamkan api, sekaligus melakukan pendinginan agar api tak muncul lagi. Yakni sekitar 3,5 jam” kata Gandara.

Dia mengatakan, api berasal dari tempat bakaran sampah yang ada tak jauh dari salah satu lapak rongsokan yang terbakar. “Api berasal dari bakaran sampah, menyambar ke barang rongsokan dan akhirnya dua lapak rongsokan terbakar semuanya,” jelas mantan Kepala Dinas Perhubungan ini.

Ia mengatakan, personel petugas pemadam dengan beberapa mobil pompa mulai berangkat ke lokasi kejadian sekitar pukul 02.35. Setelah pihaknya menerima laporan kebakaran dari warga. “Petugas sampai di lokasi kebakaran pukul 02:45 WIB, dan langsung melakukan pemadaman. Kami berhasil menjinakkan api dan dilanjutkan proses pendinginan untuk mencegah api muncul lagi sampai pukul 06.20,” tandas Gandara.(rub)