IMMAWAN/RADAR DEPOK SEMANGAT: Tim Arung Jeram Kota Depok yang akan berlaga di Porda Jabar 2018 sedang berlatih dengan arus di Sungai Ciliwung
IMMAWAN/RADAR DEPOK
SEMANGAT: Tim Arung Jeram Kota Depok yang akan berlaga di Porda Jabar 2018 sedang berlatih dengan arus di Sungai Ciliwung

DEPOK – Libur Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriyah turut dinikmati oleh oleh 16 atlet di bawah naungan Pengurus Cabang Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Depok yang akan berlaga di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018.

Namun, ada yang menarik pada liburan atlet-atlet yang akan bertading di Kabupaten Bogor pada Oktober 2018 tersebut. Yakni, mereka diberikan “pekerjaan rumah” (PR) oleh tim pelatih untuk dikerjakan selama masa libur lebaran kali ini.

Ketua Harian FAJI Kota Depok, Hidayat menuturkan, PR yang diberikan itu berupa menu latihan individu seperti jogging, pull up dan angkat beban yang wajib mereka lakukan setiap hari.

“Mereka tetap wajib latihan setiap hari. Yang libur hanya latihan bersamanya saja,” kata Dayat kepada Radar Depok, Senin (19/6).

Menurut Dayat, libur lebaran kali ini tidak akan terlalu mempengaruhi performa tim, lantaran hanya berlangsung selama satu pekan setelah lebaran.

Kendati demikian, lanjut Dayat, FAJI tetap merasa perlu memberikan porsi latihan sebagai pekerjaan rumah demi menjaga kondisi atlet tetap fit ketika memulai latihan rutin pada Jumat (22/6).

“Karena mereka kami wajibkan untuk tetap fit selama liburan, latihan pertama nanti bisa langsung di air. Untuk mengembalikan kekompakan tim,” katanya.

Dayat menjelaskan, pekerjaan rumah yang diberikan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan FAJI untuk mendorong peningkatan performa atlet dalam tenggat waktu yang kian sempit.

“Ini cara kami memaksimalkan latihan. Karena pelaksanaan PORDA Jabar 2018 tinggal 3 bulan lagi,” ujarnya.

Karena itu, kata Dayat, FAJI juga telah menyiapkan program Training Centre (TC) untuk meningkatkan ketahanan fisik atlet.

“Rencananya akan dilaksanakan pada 1 Juli di Sungai Citarik,Kabupaten Sukabumi dan di sungai Cianten, Kabupaten Bogor yang menjadi lintasan untuk Porda 2018,” tutup Dayat. (mg2)