Beranda Satelit Depok FPLKP Kota Depok Terus Tingkatkan Kompetensi LKP

FPLKP Kota Depok Terus Tingkatkan Kompetensi LKP

0
FPLKP Kota Depok Terus Tingkatkan Kompetensi LKP
IMMAWAN/RADAR DEPOK HARAPAN: Pengurus FPLKP Kota Depok berfoto bersama dengan pejabat Disdik Kota Depok dan penilik pada saat perayaan HUT-nya yang pertama.
IMMAWAN/RADAR DEPOK
HARAPAN: Pengurus FPLKP Kota Depok berfoto bersama dengan pejabat Disdik Kota Depok dan penilik pada saat perayaan HUT-nya yang pertama.

DEPOK – Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (FPLKP) Kota Depok merayakan hari ulang tahun (HUT)-nya yang pertama FPLKP. Perayaan HUT yang diadakan di momen halalbihalal Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, dengan memotong kue ulang tahun.

Ketua FPLKP Kota Depok, Merry Debora Solaiman mengatakan, sudah ada beberapa hal yang dilakukan pihaknya untuk pengembangan organisasi dan juga lembaga kursus dan pelatihan yang ada di Kota Depok. Sebagai langkah awal, pertamakali yang dilakukan pihaknya adalah menjalin hubungan baik dengan Disdik Kota Depok.

“FPLKP Kota Depok dikukuhkan pertamakali pada tanggal 15 Juni 2017, dan tanggal itu yang dijadikan sebagai tanggal lahirnya FPLKP Kota Depok,” ucapnya kepada Radar Depok.

Merry menjelaskan, ada berbagai kegiatan yang telah diadakan pihaknya selama setahun belakangan ini. Kegiatan diawali pada Oktober 2017, yakni dengan mengadakan Workshop Perpajakan bagi Lembaga Kursus dan Pelathan (LKP), yang diikuti 20 LKP dan 25 PAUD dan Day Care.

Kegiatan dilanjutkan pada Bulan November – Desember 2017, dengan mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) mengenai program Disdik Koat Depok tentang pemetaan Data Pokok Pendidik (Dapodik). Kegiatan yang satu ini, diikuti 50 pengelola LKP se-Kota Depok.

“Program awal kerja FPLKP terfokus dulu pada penguatan LKP. Jadi, LKP, lebih siap menjalankan pendidikan,” katanya.

Lanjut pada tahun 2018, kegiatan yang diadakan FPLKP Kota Depok, yakni Pelatihan Kompetensi Pengelola LKP pada Februari 2018, yang diikuti 40 LKP. Setelah itu, pada Bulan Maret – April 2018, menjadi bulan akreditasi FPLKP, jadi menerangkan program yang berkaitan dengan bimtek akreditasi LKP yang sekarang disebut dengan Sistem Akreditasi Online (Sispena).

“Tahun ini, kami mendapatkan Rp 42 juta yang berbentuk Blogren/bansos dari Kemendikbud. Jadi mengadakan program Penguatan Kemitraan LKP dengan dunia usaha dan industri, yang rencananya akan direalisasikan pada 10 – 11 Juli 2018,” terangnya.

Merry berharap, diusia organisasinya yang baru setahun kedepannya bisa lebih kompak dan bisa berkarya, sehinga LKP di Kota Depok akan lebih berkompetensi dan bisa mencerdaskan ketrampilan masyarakat Kota Depok.

“Nantinya, tentu penguatan di LKP akan terus menyeluruh sampai ke semua bagian di LKP. Karena, tujuan kami untuk menjadikan LKP di Kota Depok lebih berkualitas dan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” katanya. (mg2)