SANI/RADAR DEPOK MEMBAHAS: 10 SD Negeri dan Swasta Gugus 5 Flamboyan Kecamatan Sukmajaya mengikuti workshop pembuatan dan pembahasan KTSP 2006 di SDN Mekarjaya 18, Jalan Sonokeling, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu (23/6).
SANI/RADAR DEPOK
MEMBAHAS: 10 SD Negeri dan Swasta Gugus 5 Flamboyan Kecamatan Sukmajaya mengikuti workshop pembuatan dan pembahasan KTSP 2006 di SDN Mekarjaya 18, Jalan Sonokeling, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu (23/6).

DEPOK – 10 SD negeri dan swasta yang tergabung dalam Gugus 5 Flamboyan Kecamatan Sukmajaya mengikuti workshop pembuatan sekaligus pembahasan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 di SDN Mekarjaya 18 yang ditunjuk sebagai sekolah induk atau inti.

Kepala SDN Mekarjaya 18, Rina Ruhdiana mengatakan, setiap sekolah mengirimkan maksimal 10 guru, mereka membentuk kelompok kerja untuk membahas kurikulum yang akan digunakan pada Tahun Ajaran 2018/2019.

“Jadi sebelum masuk sekolah 16 Juli 2018, kurikulum sudah harus jadi dan siap digunakan di sekolah masing-masing,” kata Rina kepada Radar Depok, Sabtu (23/6).

Bertempat di SDN Mekarjaya 18 yang berlokasi di Jalan Sonokeling, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, sekitar 80 guru dengan didampingi kepala sekolah berkumpul membahas kurikulum yang disampaikan oleh Pengawas Binaan dan Pemateri.

Rina menjelaskan, setiap tahunnya sebelum mulai masuk Tahun Ajaran Baru selalu melaksakanakan workshop. Setelah kurikulum disusun, nantinya Tim Pengembang Kurikulum (TPK) yang terdiri dari pengawas binaan akan mengoreksi kurikulum yang disusun oleh masing-masing sekolah.

“Pasti ada yang berubah tiap tahunnya, makanya kami susun sekarang. Ketahuannya setelah direvisi oleh pengawas lalu dikembalikan lagi dan diterapkan di sekolah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Pengawas Binaan Gugus 5 Flamboyan, Atikah menjelaskan, dalam menyusun KTSP 2006 diperlukan enam tahapan diantaranya, analisis konteks, mempelajari petunjuk atau pedoman penyusunan kurikulum dari BNSP, menyusun draf kurikulum, melaksanakan revisi melalui rapat kerja, melaksanakan finalisasi, dan mensosialisasikan pada warga sekolah.

“Gugus 5 Flamboyan Kecamatan Sukmajaya sudah masuk tahap ke empat, insyaallah sebelum tahun ajaran baru sudah disahkan dan diberlakukan,” pungkasnya.

10 sekolah yang tergabung dalam Gugus 5 Flamboyan Kecamatan Sukmajaya meliputi, SDN Mekarjaya 18, SDN Mekarjaya 15, SDN Mekarjaya 22, SDN Mekarjaya 24, SDN Baktijaya 3, SDN Baktijaya 4, Baktijaya 5, SDN Baktijaya 6, SD Advent, dan SD Muhammadiyah 2 Sukmajaya. (san)