INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK BIAR MUDAH: Puluhan anak–anak antusias mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh petugas Posyandu Remaja Cipas.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
BIAR MUDAH: Puluhan anak–anak antusias mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh petugas Posyandu Remaja Cipas.

DEPOK – Dalam rangka puasa Ramadan dan untuk mencegah dampak negatif gawai (gadget) terhadap anak, Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) menggelar kegiatan mendongeng untuk anak di RW05, Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, Kegiatan tersebut digagas oleh Posyandu Remaja yang didukung oleh Gugus Tugas Layak Anak Kelurahan Cipas.

Kepala UPF Puskesmas Cipas Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, kegiatan mendongeng yang dirangkai dengan buka bersama tersebut mengusung tema bermain gawai yang sehat. Dipilihnya tema tersebut dimaksud agar anak dapat memanfaatkan gawai lebih positif.

“Kami berikan edukasi kepada anak melalui dongeng. Hal itu agar mereka dapat cepat menangkap informasi yang diberikan dan mengimplementasikan dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

Dikatakan Naweng, mendongeng untuk anak merupakan salah satu bagian dari kegiatan Posyandu Remaja. Kegiatan tersebut rutin dilakukan kepada anak agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan mudah.

Dia menambahkan, diharapkan melalui mendongeng tersebut, anak-anak dapat senang dan menangkap pesan yang diberikan. Selanjutnya, mereka dapat memanfaatkan gawai dengan baik agar tidak terkena efek negatif penggunaan gawai.

“Semoga ini dapat menjadi wadah dalam penyampaian edukasi dan informasi kepada anak dan dapat mudah diterima dan diimplementasikan,” tutup Naweng. (dra)