Rakyat Meksiko bersorak meski timnya kalah dari Swedia. Pasalnya, Jerman kalah dari Korsel dan membuat Meksiko lolos ke 16-besar (AFP)
Rakyat Meksiko bersorak meski timnya kalah dari Swedia. Pasalnya, Jerman kalah dari Korsel dan membuat Meksiko lolos ke 16-besar (AFP/JPC)

RUSIA – Kemenangan yang diraih Timnas Korea Selatan atas Jerman dengan skor 2-0 tidak hanya dirayakan oleh rakyat Korsel. Masyarakat Meksiko pun menyambutnya dengan suka cita. Fans sepak bola Meksiko bahkan menyebut Korsel sebagai saudara mereka.

Menurut laporan AFP, masyarakat Meksiko turun ke jalan setelah Jerman tumbang di tangan Korsel. Mereka merayakannya di depan kedutaan Korsel di Mexico City. Mereka berteriak gembira dan menyebut Korsel sebagai saudara.

Pantas apabila rakyat Meksiko merayakan kekalahan Jerman. Sebab hasil itu secara tidak langsung mengantarkan Meksiko lolos ke babak 16-besar Piala Dunia 2018.

Padahal fans Meksiko sempat khawatir karena Javier Hernandez cs kalah telak 0-3 dari Swedia pada laga pamungkas babak Grup F, Rabu (27/6) malam WIB di Ekaterinburg Arena.

“Terima kasih Korsel. Saya bahkan tidak tahu di mana itu. Tapi terima kasih, terima kasih,” kata Cecilia Gonzalez, mahasiswi berusia 22 tahun di sebuah bar di Mexico City seperti yang dilaporkan AFP.

Di Korsel sendiri, kemenangan Son Heungmin cs menjadi bahan perbincangan di Naver, portal internet terbesar di negara itu. Bahkan kemenangan itu juga dirayakan oleh orang-orang yang sebelumnya tidak pernah peduli dengan persepakbolaan Korsel.

“Saya tidak terlalu peduli dengan sepak bola. Tetapi ketika negara Anda menjadi tim Asia pertama yang mengalahkan Jerman di Piala Dunia, Anda merayakannya. Saya sangat bangga menjadi orang Korea Selatan,” ucap salah satu pengguna Naver seperti dilansir BBC.(saf/JPC)