Beranda Utama Lebaran Usai, Si Melon Diawasi

Lebaran Usai, Si Melon Diawasi

0
Lebaran Usai, Si Melon Diawasi
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK STOK LPG: Pekerja saat memindahkan gas elpiji 3kg di Agen Elpiji Pertamina PT. Duta Raja Gas, Jalan Raden Saleh, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (21/6). Pasca Lebaran, Hiswana Migas Kota Depok mengatakan jumlah stok gas elpiji 3kg masih cukup.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
STOK LPG: Pekerja saat memindahkan gas elpiji 3kg di Agen Elpiji Pertamina PT. Duta Raja Gas, Jalan Raden Saleh, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (21/6). Pasca Lebaran, Hiswana Migas Kota Depok mengatakan jumlah stok gas elpiji 3kg masih cukup.

DEPOK – Pascahari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, pasokan gas elpiji tiga kilogram dipastikan masih aman. Guna memantau pendistribusian tabung elpiji selama dan setelah Ramadan, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kota Depok telah membentuk tim Satgas Bahan Bakar Minyak (BBM).

Tidak hanya itu, Hiswana Migas juga menyiapkan 50 titik pangkalan siaga di Kota Depok. Dan Pertamina menambahkan sepuluh persen jatah pendistribusian gas elpiji berbagai ukuran.

“Kita pastikan stok gas elpiji tetap aman,” kata Penasehat Hiswana Migas Kota Depok, Athar Susanto kepada Harian Radar Depok, kemarin (21/6).

Athar mengungkapkan, kebutuhan secara normal pada gas elpiji di Kota Depok sebanyak 1,425 juta per bulan. Jumlah gas elpiji itu didistribusikan pada 600 pangkalan di Kota Depok.

“Dalam menghadapi Ramadan menambah pasokan sebanyak 10 persen dari kebutuhan normal,” kata Athar.

Dengan jumlah tersebut, dia yakin penambahan pasokan akan memenuhi kebutuhan gas elpiji ukuran tiga kilogram (kg) subsidi.

“Sebenarnya, untuk gas elpiji ukuran 3 kg adalah untuk kebutuhan UMK dan warga miskin,” tandasnya.

Prihal kenaikan harga gas elpiji 3 kg, dia memastikan bahwa tidak ada kenaikan harga.

Terpisah, Penasehat Hiswana Migas Kota Depok, Yahman Setiawan menambahkan, kuota gas elpiji 3 kg di Depok selalu lebih atau banjir. Ia juga memastikan pasca Lebaran ini tidak ada kelangkaan gas elpiji.

“Elpiji di Depok banjir, stok aman. Karena kita sudah antisipasi dengan membantu 50 satgas pangkalan siaga setiap hari buka. Tapi di hari raya kemarin libur,” kata Yahman di kediamanya kawasan Kecamatan Sukmajaya, Kamis (21/6).

Jika ada kekurangan stok di wilayah tambah dia, bukan langka. Melainkan pemilik pangkalan atau warung ecerannya tutup karena ada yang pulang kampung.

“Ada beberapa pangkalan yang tutup. Tapi 25 agen di Depok buka,” kata dia.

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Depok Anim Mulyana mengatakan, adanya tambahan pasokan elpiji 3 kg ke Depok pada jelang Ramadan dan Idul Fitri dari kuota biasanya.

“Hiswana Migas menambah kuota sebesar 10 persen untuk persiapan jelang Ramadan dan ldul Fitri,” kata Anim.

Penambahan pasokan ini katanya untuk mengantisipasi tingginya permintaan elpiji 3 kg.

Sementara itu, pemilik pangkalan gas elpiji di kawasan Sukmajaya Yudhi menuturkan, pasca Lebaran stok elpiji dari agen lancar seperti biasanya.

“Gak ada kelangkaan gas. Selama ini lancar, kecuali pas waktu Idul Fitri libur yang anterin gas,” ucap dia. (irw)